-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Pertemuan I. Pengertian Kewirausahaan dan Karakter Wirausaha

- July 26, 2021
advertise here
advertise here

 sumber : https://sinau.smkmaarif2temon.sch.id/courses/pkk-klas-xi/lessons

A. Pengertian Kewirausahaan dan Karakter Wirausaha

Kata kunci: sikap dan perilaku, karakter, perilaku prestatif, wirausaha

 Sudah saatnya generasi muda memiliki pola pikir dan cita-cita menjadiKerja cerdasseorang wirausahakerjaikhlas.Impian kerjamenjadikeraskaryawan kerjaatautuntaspegawai setkelahrjamawaslulus sekolah jangan sampai dijadikan tujuan satu-satuya. Banyaknya pengangguran di negeri ini utamanya di dominasi oleh lulusan sekolah menengah kejuruan atau SMK. Kenyataan tersebutKarakterhendaknyawirausaha bisa menyadarkan para generasi muda. Para lulusan setiap tahun bertambah, sementara ketersediaan lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan banyaknya pencari kerja.Kesadaran itu harus dibangunWirausahadan dimiliki oleh para generasi muda saat ini. Dengan menjadi seorang wirausaha akan memberikan banyak manfaat bagi kemajuan manfaatnegeri wirausahaini.Peran wirausaha penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya dan orang lain di lingkungan sekitar. Demikian juga, ia akan ikut serta membantu pemerintah dalam mengentaskan  kemiskinan dan meningkatkan kemakmuran di negara kita. Bangsa ini membutuhkan generasi-generasi yang terampil, kreatif dan inovatif.

A. Pengertian Wirausaha

Tentunya kita sering mendengar istilah wirausaha atau entrepreneur. Istilah entrepreneur pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke 18 oleh seorang ekonom perancis yang bernama Richard Cantilon. Entrepreneur adalah agent who buys means of producition at certain prices in order to combine them

Etimologi kata wirausaha adalah berasal dari kata “wira” dan “usaha”. “Wira” berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Kata “wira” juga digunakan dalam kata “perwira”. Sedangkan “usaha” berarti “perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan”. Jadi, secara etimologis/harfiah, wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang melakukan perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan.

Seorang wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi wirausaha menurut beberapa ahli:

1Syamsudin Suryana,  Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi pada         tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi, serta  berorentasi pada masa depan.

2.Prawirokusumo,  Wirasusaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan       mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

3.Joseph Schumpeter, Wirausaha adalah seorang inovator yang melakukan berbagai perubahan di dalam pasar lewat penggabungan beberapa hal atau sesuatu yang baru. Adapun sesuatu yang baru tersebut bisa dalam bentuk:

  • Ada produk baru yang dikenalkan
  • Ada metode produksi baru
  • Dibukanya pasar yang baru
  • Diperolehnya sumber pasokan baru dari komponen yang baru
  • Dijalankannya suatu organisasi baru pada sebuah perusahaan

B.Karakter Wirausaha

 Wirausahawan adalah orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan menanggung resiko seperti kerugian. Oleh sebab itu seorang wirausaha harus memiliki kesiapan mental, baik pada saat menghadapi keadaan yang merugikan maupun saat ia mendapatkan untung besar.

 Karakter wirausaha yang harus dimiliki oleh seorang yang ingin menjadi wirausahawan agar sukses dalam menjalankan usahanya diantaranya adalah:

  1. Kreatif, Kemampuan seseorang untuk menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan pola pikir dan tindakan yang berbeda.

2. Inovatif,  Proses menghasilkan sesuatu gagasan atau penemuan baru yang dapat diterima atau dijual ke                   masyarakat. Terkadang inovasi itu berupa ide yang sederhana dan sepele, asal merupakan sesuatu yang                atau sesuatu yang lebih baik dari yang sudah ada.

3. Berani,   Seorang wirausaha harus memiliki sifat berani dalam mengambil keputusan dan juga berani dalam             mengambil resiko tentunya dengan perhitungan yang cermat.

4.Kepemimpinan, Karakter kepemimpinan berarti seorang wirausaha harus bisa mengelola dan mengatur                    bisnisnya dalam mencapai tujuan.

5.Mampu berkomunikasi, Seorang wirausaha harus mampu menyampaikan gagasan dan pesan baik secara internal (kepada karyawan) maupun secara eksternal kepada mitra usaha.

6.Kerjasama, Kemampuan untuk menjalin hubungan baik dengan beberapa pihak dalam menjalankan usahanya. Itu artinya ia harus mampu bergandengan tangan untuk melangkah bersama-sama.

7.Mandiri, Seorang wirausaha adalah pribadi yang mandiri, tidak menggantungkan masa depannya pada orang lain.

8.Percaya diri, Percaya pada kemampuan diri itu sangat penting. Rasa percaya diri ini yang

menyebabkan ia mantap dalam melangkah dan mewujudakan impiannya.

  1. Jujur, Jujur merupakan akar dari semua karakter. Seberapa hebat kemampuan yang dimiliki oleh seseorang, bila tidak memiliki kejujuran, maka semua akan sirna, kepercayaan orang lain terhadap diri kita akan hilang.
  2. Pantang menyerah, Karakter pantang menyerah penting terutama saat menghadapi resiko kegagalan. Dalam proses dinamika menjalankan usaha banyak lika liku yang dihadapi. Kegagalan satu ke kegagalan berikutnya. Gagal dan bangkit lagi.

Karakter wirausaha menurut Bygrave ada sepuluh, dikenal dengan 10 D, yaitu sebagai berikut:

  • Dream : memiliki keinginan untuk mewujudkan impian di masa depan
  • Decisiviness : mampu membuat keputusan secara cepat dan tepat
  • Doers : melakukan tindak lanjut terhadap keputusan yang diambil
  • Determination : melaksanakan kegiatan dengan penuh perhatian, tanggung jawab dan pantang menyerah
  • Dedication : memiliki dedikasi yang tinggi dan rela berkorban
  • Devotion : tidak mengenal lelah, fokus dalam memperhatikan bisnisnya
  • Details : mampu menganalisa secara rinci sampai ke hal-hal kecil
  • Destiny : mampu merumuskan tujuan yang hendak dicapai
  • Dollars : uang bukan semata-mata tujuan yang hendak dicapai

Tugas :

1. Sebutkan menjelakan pentingnya memiliki sikap  dan perilaku wirausaha ?

2. Berilah 5 contoh sikap dan peilaku wirausaha yang baik ?

3. Karakter seperti apa yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha menurut Bygrave?

Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search