-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

SAMBUTAN ACARA WEBINAR UPDATE TEKNOLOGI SPOORING N BALANCHING

- April 07, 2021
advertise here
advertise here


Kondisi kaki-kaki kendaraan perlu mendapat perhatian lebih karena berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan penumpang. Hanya saja, situasi ini kadang menjadi celah untuk oknum bengkel nakal, yang memanfaatkan ketidaktahuan pemilik mobil. Masih banyak yang belum tahu kapan sedianya mobil perlu mendapat sentuhan spooring atau balancing.

Fungsi spooring atau balancing ini berkaitan dengan keseimbangan pada kemudi dan empat roda, untuk menjaga mobil tetap stabil. “Spooring dan balancing merupakan dua hal berbeda. Spooring sendiri yaitu penyetelan sudut-sudut geometri roda depan atau belakang kendaraan (chamber, caster, toe), yang dapat disetel agar selaras dan disesuaikan.

Sementara balancing, adalah aktivitas yang dilakukan untuk menstabilkan putaran ban, dengan menambahkan pemberat pada velg. Jika dilakukan rajin dan secara berkala, setidaknya ada sepuluh manfaat yang bisa dirasakan.

Buat sebagian orang yang masih awam kapan mobil perlu di spooring atau balancing, bisa mengecek terlebih dulu ke bengkel-bengkel khusus kaki-kaki dan ban. Sudah banyak bengkel yang menawarkan teknologi baru spooring and balancing dengan cepat. Salah satunya adalah PT Snap On dengan Quick Check Hunter. Mesin spooring ini diklaim mampu mengecek kaki-kaki mobil hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit saja. Hasilnya pemilik kendaraan bisa mengetahui apakah mobilnya butuh spooring atau balancing.

“Ketika masuk bengkel, banyak pemilik mobil tidak mengetahui kondisi kaki-kaki mobilnya dan langsung melakukan spooring-balancing. Dengan teknologi Quick Check Hunter, pemilik dapat periksa lebih dulu untuk menentukan perlu tidaknya spooring-balancing," kata Prayitno Himawan, Founder PT Himawan Putra, di ajang GIIAS 2018, awal pekan ini.

Tanda-tanda Mobil Perlu Spooring dan Balancing Quick Check ini sudah tersedia di bengkel-bengkel rekanan Himawan Putra, dengan tanda khusus Quick Check di area bengkel. Lihat Foto Salah satu peserta pameran produk bengkel yang hadir di GIIAS 2018 (Kompas.com/Setyo Adi) Selain itu, PT Kawan Lama Sejahtera (KLS) memiliki peralatan sejenis  untuk kebutuhan spooring dan balancing. KLS menyebutkan ada perangkat wheel alignment merek Launch. Alat ini sudah menggunakan fitur 3D yang dilengkapi adjustment height posisition camera. Serta fitur automatic calibration yang menjamin akurasi dalam pengukuran. Dengan alat-alat di atas, pemilik kendaraan bisa lebih dulu mengecek kondisi kaki-kaki kendaraan, untuk mengetahui apakah mobilnya membutuhkan spooring atau balancing, serta mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada komponen kaki mobil.

KETUM PP IGVIM

Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search