-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Dukungan Dr. Barokah Isdaryanti, M.Pd. atas Terbitnya Buku Supervisi Pendidikan; Edy Siswanto dkk

- July 23, 2021
advertise here
advertise here

 Dukungan Dr. Barokah Isdaryanti, M.Pd. atas Terbitnya 

Buku Supervisi Pendidikan ; Edy Siswanto dkk




Supervisi Pendidikan merupakan unsur yang penting, belum banyak diperhatikan pelaksanaannya. Supervisi Pendidikan akan mengetahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan, utamanya pembelajaran mencapai peningkatan mutu hasil belajar, pada akhirnya meningkatan mutu pendidikan nasional secara umum. Supervisi Pendidikan merupakan salah satu faktor kunci efektifitas keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai peningkatan mutu pendidikan yang diharapkan bagi setiap jenjang dan jenis pendidikan pada tingkat nasional maupun lokal.

Namun apabila dilihat dalam kenyataan, Supervisi Pendidikan masih bersifat “pelengkap” belum sesuai harapan. Masih banyak dijadikan “gugur kewajiban”, hanya kegiatan insidental memenuhi unsur Peningkatan Kinerja Guru (PKG) maupun saat akreditasi oleh pengawas. Seringkali tujuan yang ditetapkan tidak tercapai secara optimal. Salah satu penyebabnya adalah pelaku manajemen pendidikan kurang memahami proses dan mekanisme Supervisi Pendidikan yang lebih komprehensif. Selain itu posisi Supervisi Pendidikan belum merupakan “key factor” lembaga pendidikan baik tingkat makro maupun mikro. Sumbangan Supervisi Pendidikan terhadap pencapaian visi misi dan tujuan pendidikan belum dirasakan secara optimal.

Buku ini mencoba mendudukan kembali pentingnya Supervisi Pendidikan, bagaimana menjadi “Supervisor Ideal” yang diidamkan pendidik dan tenaga kependidikan. Bukan untuk ditakuti atau mencari kesalahan. Buku ini dikelompokkan dalam delapan bab saling berkaitan. Penting dibaca, dimiliki sebagai pegangan.

Sebagai team teaching pengampu mata kuliah Supervisi Pendidikan Program Doktoral S3 Manajemen Kependidikan, saya ikut menyampaikan rasa terima kasih kepada para mahasiswa, yang bersedia menulis buah pemikirannya dalam sebuah buku pegangan yang bisa dikonsumsi masyarakat umum.

Terima kasih juga disampaikan kepada Bapak Rektor, Direktur Pascasarjana dan Koord. Prodi S3 Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang, Prof. Tri Joko Raharjo sekaligus team pengampu mata kuliah Supervisi Pendidkan. Yang telah memberikan support dan dorongan kepada mahasiswa untuk terus berkarya. Mendampingi mahasiswa dalam menyusun dan mengedit naskah sehingga terwujud buku ini.

Semoga Allah SWT, membalas pahala berlipat kepada kita semua. Kepada para pembaca dan pengguna buku ini, saya mengharapkan saran dan kritik konstruktif untuk penyempurnaan di masa yang akan datang. Mudah-mudahan karya sederhana ini dapat memperkaya khazanah keilmuan dalam bidang Supervisi Pendidikan. Selamat membaca…                      

                                                                                                                             

Semarang, 21 Juli 2021

Dr. Barokah Isdaryanti, M.Pd.

(Dosen Pascasarjana Unnes)

                

                                                       








Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search