-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Pertemuan IV Peluang Usaha

- July 26, 2021
advertise here
advertise here

 

Peluang Usaha

Assalamu’alaikum wr wb, Selamat pagi anak-anakku semua, hari ini ibu berketemu lagi di Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh secara daring mata pelajaran  Kewirausahaan, jagalah keshatan dan patuhilah protokol kesehatan. Sebelum  memulai pelajaran hari marilah berdoa sejenak semoga dalam belajar  dilancarkan segalanya.

Bapak sampaikan materi hari ini mengenai peluang usaha, bacalah dengan cermat agar bila ada tugas bisa menjawab, kemudian ananda membuat rangkum dibuku tulis, tugas dikerjakan dengan baik.

  1. Peluang Usaha

Harus diakui bahwa sebenarnya peluang usaha di sekitar kita sangat  banyak.                        Namun tidak semua peluang usaha atau bisnis tepat dilakukan pada sembarang waktu dan tempat. Bagi calon wirausaha yg akan membuka usaha baru, perlu terlebih dahulu melakukan observasi, survei lapangan, dan banyak bertanya mengenai seluk beluk bisnis yang akan digelutinya.

Peluang usaha terdiri dari dua kata, Peluang dan usaha. Peluang berarti kesempatan, dan usaha berarti upaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan berbagai daya atau sumber daya yang dimiliki.

Secara sederhana peluang usaha merupakan suatu kesempatan yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai dengan menggunakan sumber daya yang miliki.

Tujuan yang hendak dicapai bisa dalam keuntungan, uang, kekayaan, kepuasan batin, popularitas, status sosial dan lain-lain. Untuk mencapai tujuan tersebut seseorang dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Sumber daya itu dapat berupa uang/modal, pengetahuan, skill, relasi yang luas, pengalaman dan lain-lain. Artinya sumber daya ini mencakup segala sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha. Seorang wirausaha harus berfikir tentang seperti apa peluang usaha yang baik itu. Berikut adalah ciri-ciri peluang usaha yang baik.

  1. Bersifat orisinil
  2. Harus dapat mengantisipasi peruabahan persaingan dan kebutuhan pasar
  3. Sesuai dengan minat
  4. Tingkat kelayakan usaha teruji
  5. Bersifat ide kreatif
  6. Ada keyakinan untuk mewujudkan
  7. Ada rasa senang saat menjalankan

Dalam kenyataannya peluang yang baik saja tidak cukup, tapi juga harus potensial. Banyaknya peluang usaha di sekitar kita, mengharuskan seorang wirausaha untuk cermat dalam mengkaji mana peluang usaha yang potensial. Ciri-ciri peluang usaha yang Potensial adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki nilai jual
  2. Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, dan bersifat nyata
  3. Usaha tersebut mamapu bertahan lama di pasar
  4. Tidak menghabiskan modal, karena terlalu besar investasinya
  5. Bisa ditingkatkan skalanya menjadi industri

Peluang usaha yang bernilai jual memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1.  Mampu memenuhi kebutuhan konsumen
  2. Memiliki keunggulan bersaing
  3. Tidak bersifat sementara
  4. Ada nilai uang
  5. Memenuhi aspek kreatif dan inovatif

B. Memetakan Peluang Usaha

Ada beberapa hal yang dapat memunculkan peluang usaha. Ada peluang usaha yang muncul karena kebutuhan konsumen, skill atau keahlian yang dimiliki serta peluang usaha yang muncul karena hobi dan ide kreatif seseorang. Pada prinsipnya , peluang usaha dapat dipetakan menjadi lima bidang yaitu :

  1. Peluang usaha dibidang pertanian yaitu merupakan usaha untuk mengelola sumber daya alam agar dapat menghasilkan dan mestinya merupakan peluang usaha yang menjanjikan mengingat negara kita adalah negara agraris . Seperti : penyediaan obat-obat pertanian dan pupuk, penyediaan alat-alat petanian yag modern sepeti menyewkan traktor untuk membajak sawah-
  2. Peluang usaha dibidang perdagangan, merupakan peluang usaha yang berkaitan dengan persoalan pergerakan barang dari produsen ke konsumen. sesperti peluang usaha pertokoan, warung-warung kelontong, rumah makan, agen, penyalur, pedagang kaki lima, penjual sayur keliling dan sebagainya.
  3. Peluang usaha di bidang perindustrian merupakan jenis usaha yang terutama bergerak dalam kegiatan proses pengubahan suatu bahan atau barang setengah jadi menjadi bahan atau barang lain yang berbeda sifatnya dan meningkatnya nilai tambah. seperti : industri pangan, pakaian, peralatan rumah tangga, peralatan kantor dan lain-lain.
  4. Peluang usaha di bidang pertambangan merupakan jenis usaha yang melakukan kegiatan mengambil sesuatu yang sudah tersedia di alam.seperti : tambang emas
  5. Peluang usaha dibidang jasa, merupakan usaha yang bergerak dibidang kegiatan memberikan pelayanan untuk bisa menciptakan kepuasan kepada orang yang telah menerima pelayanan tersebut. seperti : usaha bidang kesehatan (seperti : jasa perawatan wajah, pijat) asuransi, biro konsultasi, biro pelayanan, pariwisata pengiriman barang, bengkel, salon kecantikan, bioskop, perencanaan bangunan

Tugas: Kerjakan soal dibawah ini, sebelum mengerjakan soal dibaca dengan cermat sehingga dalam menjawab pertanyaan nyambung dengan soalnya! 

  1. Tuliskan pengertian peluang usaha?
  2. Sebutkan  ciri-ciri peluang usaha yang bernilai  jual?
  3. sebutkan 5 (lima) peluang usaha yang menjanjikan ditengah wabah covid 19 ?
Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search