-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

PERTEMUAN XVI. MEMBUAT LABEL DI KEMASAN

- July 26, 2021
advertise here
advertise here

Pertemuan 16 Membuat label  di kemasan

Label adalah setiap keterangan mengenai pangan yang berbentuk gambar tulisan, kombinasi keduanya atau bentuk lain yang disertakan pada halaman kemasan. Jadi dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa label merupakan suatu yang sangat penting bagi produk makanankarena denga label tersebut konsumen akan mengenal dan mengingat produk tersebut, hal iniproduk telah memiliki identitas yang berisi informasi tentang produk tersebut.

A. Fungsi label

Label merupakan bagian dari suatu produk yang menyampaikan informasi men genai produk dan penjual. Sebuah label biasa merupakan bagian dari kemasan atau bisa pula merupakan etiket (tanda pengenal) yang di cantumkan pada produk.

Adapun fungsi label sebuah produk antara lain :

1). Label mengidentifikasi produk atau merek

2). Label menentukan kelas produk

3). Label menggambarkan beberapa hal mengenai produk(siapa pembuatnya, kapan dibuat, apa isinya, bagaimana menggunakannyadan bagaimana menggunakannya secara aman)

4). Label mempromosikan produk lewat aneka gambar yang menarik

B. Tipe-tipe label antara lain :

1). Brand label adalah label yang semata-mata sebagai brand. Misalnya : pada kain atau tektil kita dapat mencari tulisan yang berbunyi : “Sanforized, berkolin, dsb) nama-nama tersebut dipergunakan oleh perusahan yang memproduksi. Selain brand label masing-masing perusahaan juga mencantumkan merek yang dimiliki pada tektil yang diproduksi

2). Grade label adalah label yang menunjukkan tingkat kulitas tertentu dari suatu tulisan atau kata-kata

3). Descriptive label atau informasi label m erupakan  label yang menggambarkan cara penggunaan, susunan, pemeliharaan, hasil kerja dari suatu barang.

B. Keuntungan penggunaan label efektif

Label adalah tampilan sederhana pada produk atau gambar yang dirancang dengan rumit yang merupakan satu kesatuan dengan emasan.label biasanya hanya mencantumkan merek tau informasi. Adapun  keuntungan  men ggunakan label yang efektif adalah :

  1. Meningkatkan penjualan
  2. Mendorong promosi yang besar
  3. Perlindungan terhadap konsumen
  4. Perlindungan terhadap poersaingan yang tidak baik
  5. Sejalan dengan tujuan ekonomi

C. Tujuan memberikan label sebuah produk

Dengan membeikan label pada produk, akan berdampak positif bagi sebuah usaha. Adapun tujuan pelabelan sebuah produk sebagai berikut :

  1. Mem beri informasi tentng isi produk yang diberi label tanpa haru mem buka kemasan
  2. Berfungsi sebagai sarana komunikasi produsen kepada konsumen tentang produk tersebut, terutama hal-halyang tidak diketahui secara fisik
  3. Memberi petunjuk yang tepat pada konsumen hingga diperoleh fun gsi produk yan g optimum.
  4. Memberi rasa aman bagi konsumen

D.  Keterangan label

Mengingat label adalah alat penyam pai inform asi, udah layaknya iform asi yang termuat pada label adalah sebenar-benarnya dan tidak menyesatkan. Hanya saja mengingatkan labl juga berfungsi sebagai iklan, di samping sudah menjadi sifat manusia untukmudah jatuh dalam kekhilafan dengan berbuat kecurangan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja, maka perlu dibuat rambu-rambu yang mengatur. Keterangan yang tercantum pada label sekurang-kurangna memuat hal-hal sebagai beriut :

  1. Nama produk
  2. Daftar bahan yang digunakan
  3. Berat bersih atau isi bersih
  4. Nama dan Alamat pihak yang memproduksi atau memasukkan
  5. Tanggal, bulan dan tahun kedaluwarsa

E. Keterangan  pada label

Mengingat label adalah alat pen yampai informasi, sudah selayaknya informasi yang termuat pada label adalah sebenar-benarnya tidak menyesatkan. Hanya saja mengingatkan labl juga berfungsi sebagai iklan, di samping sudah menjadi sifat manusia untukmudah jatuh dalam kekhilafan dengan berbuat kecurangan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja, maka perlu dibuat rambu-rambu yang mengatur. Keterangan yang tercantum pada label sekurang-kurangna memuat hal-hal sebagai beriut :

  1. Nama produk
  2. Daftar bahan yang digunakan
  3. Berat bersih atau isi bersih
  4. Nama dan Alamat pihak yang memproduksi atau memasukkan
  5. Tanggal, bulan dan tahun kedaluwarsa

F. Tahapan-tahapan perancangan label

dalam membuat label melalui proses yang panjang karena perlu memperhatikan yang betul faktor tehnis maupun non tehnis, sehingga label trsebut dapat diterima oleh masyarakat dan dapat menaikkan citra produk dan pooerusahgaam. adapun tahapoan dalam membuat label kemasan :

1). Tahap pradesain

2). Tahapan desain label dan kemasan

3). Tahapan pascaperancangan

 Untuk memperdalam materi kerjakan tugas dibawah ini !

  1. Sebutkan dan jelaskan tipe-tipe label !

Patuhi protokol kesehatan dengan 3 M, memakai masker, mencuci tangan jaga jarak dari kerumunan. Tetap dirumah saja

Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search