-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Pemberitahuan Festival dan Potret Cerita Kurikulum Merdeka

- May 11, 2023
advertise here
advertise here

 


Pemberitahuan Festival dan  Potret Cerita Kurikulum Merdeka


Pada tahun ajaran baru 2023/2024, sebanyak 306.995 satuan pendidikan dari jenjang pendidikan anak usia dini hingga menengah mendaftar untuk menjalankan Kurikulum Merdeka. Pelaksanaan Kurikulum Merdeka secara masif di tahun kedua ini dilaksanakan secara mandiri sesuai kesiapan penyelenggara pendidikan yang ingin menghadirkan perubahan pembelajaran yang lebih membahagiakan bagi peserta didik.

Dilansir dari Kompas.id,  Pelaksana Tugas Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Kemendikbudristek, Aswin Wihdiyanto saat menyampaikan paparan tentang penyelenggaraan Festival Kurikulum Merdeka 2023 di kantor Redaksi Kompas, di Jakarta, Senin (8/5/2023), mengatakan, kebijakan Kurikulum Merdeka adalah upaya untuk menyelesaikan krisis pembelajaran yang sudah lama terjadi.

”Tidak ada kata terlambat untuk perbaikan. Kurikulum Merdeka ini hadir dengan metode pembelajaran lebih fleksibel, fokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi pelajar,” kata Aswin.

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dilakukan secara bertahap sejak tahun 2021, mulai dari sekolah penggerak dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan. Pada tahun 2022, dimulai implementasi Kurikulum Merdeka jalur mandiri yang diikuti 139.533 sekolah, selain lebih dari 7.000 Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan.

”Di tahun ajaran baru nanti, pendaftar baru jalur mandiri bertambah sebanyak 151.833 satuan pendidikan, termasuk pendidikan nonformal PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) juga mulai melaksanakan IKM,”

Karenanya dalam rangka menyambut tahun baru 2023/2024. Kemendikbudristek mengadakan Festival Cerita Praktik Baik IKM?, penjelasan resmi silahkan di download :



#KurikulumMerdeka #MerdekaBelajar
#PembelajaranBerkualitasBagiSemua


Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search