-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

SINOPSIS DAN BIODATA PROMOVENDUS

- November 07, 2023
advertise here
advertise here

 

RINGKASAN DISERTASI/SINOPSIS

 

1.    Latar Belakang

Lulusan SMK diharapkan mempunyai kompetensi sesuai kebutuhan Industri dan berjiwa wirausaha yang siap kerja, cerdas, kompetitif, dan memiliki jati diri bangsa serta mampu mengembangkan keunggulan lokal dan dapat bersaing di pasar global. Untuk mencapai kompetensi itu diperlukan strategi dengan melaksanakan program Teaching Factory (TEFA) yang merupakan salah satu bentuk pengembangan dari sekolah kejuruan menjadi model sekolah produksi, namun SMK masih kesulitan untuk menerapkan pendidikan berbasis produksi atau Production Based Education and Training (PBET). Artinya TEFA yang selama ini berbasis produk masih belum berkembang optimal.

 Untuk itu perlu dikembangkan Model TEFA yang berorientasi kecakapan kewirausahaan yang bertujuan agar lulusan SMK menjadi penggerak ekonomi dan mengurangi pengangguran.

2.    Tujuan

  1. Menganalisis model faktual Manajemen TEFA yang selama ini telah berjalan
  2. Menganalisis dan mengevaluasi model hipotetik manajemen TEFA berbasis kecakapan kewirausahaan siswa (MTF-5P Kerisku)
  3. Membuat Model Manajemen TEFA berbasis kecakapan kewirausahaan (MTF-5P Kersiku)
  4. Menguji coba secara terbatas model hipotetik, dan mendeskripsikan model final manajemen TEFA berbasis kecakapan kewirausahaan siswa

3.   Metode

  1. Menganalisis model faktual Manajemen TEFA Berbasis Kecakapan Kewirausahaan siswa, dengan Observasional dan analisis deskriptif.
  2. Menganalisis dan mengevaluasi model hipotetik manajemen TEFA Berbasis kecakapan kewirausahaan siswa, dengan Observasional dan kuasi eksperimen
  3. Membuat Model TEFA berbasis kewirausahaan, dengan desain : R & D dan analisis deskriptif
  4. Menguji coba secara terbatas model hipotetik, dan mendeskripsikan model final manajemen TEFA berbasis kecakapan kewirausahaan siswa, dengan desain : Kuasi Eksperimen dan Analisis : Independen t test dan N-Gain

4.  Hasil

  1. Model Faktual Manajemen TEFA, Skor indicator perencanaan model faktual manajemen TEFA berkisar antara 73,00% hingga 98,33%. Skor indicator pengorganisasian model factual manajemen TEFA berkisar antara 69,00% hingga 97,00%. Skor indicator penggerakan model factual manajemen TEFA berkisar antara 70,00% hingga 96,67%. Skor indicator Controlling (Monev) model factual manajemen TEFA berkisar antara 73,00% hingga 94,56%.
  2. Model hipotetik manajemen TEFA Berorientasi kecakapan kewirausahaan siswa. Skor indicator perencanaan model Hipotetik manajemen TEFA berkisar antara 76,00% hingga 98,17%. Skor indicator pengorganisasian model hipotetik manajemen TEFA berkisar antara 76,00% hingga 98,17%. Skor indicator penggerakan model hipotetik manajemen TEFA berkisar antara 76,00% hingga 97,33%. Dan Skor indicator Controlling (Monev) model hipotetik manajemen TEFA berkisar antara 76,00% hingga 95,67%.
  3. Model TEFA berorientasi kecakapan kewirausahaan (Kerisku). Pada kelompok yang tidak diberikan model TEFA beroreintasi kecakapan kewirausahaan memiliki skor 70,9% dan pada kelompok yang diberikan model TEFA berorientasi kecakapan kewirausahaan memiliki skor 93,85%
  4. Penggunaan model manajemen TEFA beroreintasi kecakapan kewirausahaan dapat meningkatkan efektifitas N-Gain pengetahuan sebesar 95,9%. Sementara Penggunaan model manajemen TEFA berorientasi kecakapan kewirausahaan dapat meningkatkan efektifitas N-Gain sikap sebesar 93,8%; dan penggunaan model manajemen TEFA beroreintasi kecakapan kewirausahaan dapat meningkatkan efektifitas N-Gain keterampilan sebesar 95,0%.

5.      Simpulan

a. Model Manajemen TEFA berorientasi pengembangan kecakapan kewirausahaan di singkat (MTF-5P Kerisku), efektif dapat meningkatkan kecakapan kewirausahaan pada tiga ranah kompetensi yaitu (pengetahuan, sikap dan keterampilan) pada empat variabel yang dipilih (tanggung jawab, kerjasama, berani mengambil resiko dan kepemimpinan). Penggunaan MTF-5P Kerisku dapat meningkatkan skor TEFA berorientasi pengembangan kecakapan kewirausahaan sebesar 22,95%. Penggunaan MTF-5P Kerisku dapat meningkatkan skor TEFA berorientasi kecakapan kewirausahaan dengan efektifitas N-Gain pengetahuan sebesar 95,9%; Efektifitas N-Gain sikap sebesar 95,9%; dan Efektifitas N-Gain keterampilan sebesar 95,0%.

b. Model MTF-5P Kerisku, siswa lebih terintegrasi tak hanya dibekali CBT, PBT siap diuji LSP, siap masuk dunia kerja, bagus dan cepat dalam membuat produk pesanan dari pelanggan, siswa senang dalam suasana pembelajarn yang lebih menantang dan tidak monoton. Namun ada mindset kewirausahaan, sehingga siap buka usaha, jika pangsa pasar tak ada, jadi bukan hanya sekedar lulusan yang terserap bekerja namun siap terjun jika berwirausaha.

c. MTF-5P Kerisku, bisa dilaksanakan jika sekolah konsisten dengan mindset kewirausahaannya dengan sarana yang kategori cukup memenuhi 8 (delapan) Standar Pendidikan (SMK PK). Model MTF-5P Kerisku, sekolah tidak harus besar karena TEFA ini masalah membangun mindset kewirausahaan pada siswa maupun gurunya. Menepis anggapan TEFA akan berhasil karena dukungan  dengan industri besar.

d. Hendaknya TEFA, dilaksanakan dengan prinsip organisasi modern dengan, yang tak hanya sekedar manajemen pembelajaran praktifk di bengkel saja, namun peneliti menemukan bahwa TEFA mesti dikemas dalam sebuah tata kelola pada tingkat manajemen pendidikan di SMK. Modifikasi dengan menambah manajemen, tata Kelola, kurikulum, dan durasi waktu pelaksanaan TEFA, sehingga tergambar baku bahwa temuan model manajemen MTF-5P akan bisa meningkatkan kecakapan kewirausahaan dengan role model dan manajemen yang mendukung kearah kecakapan kewirausahaan yang sudah jelas tergambar.

e.  TEFA untuk bisa dilembagkan bukan sekedar diurus masing-masing jurusan tapi da bagian khusus tingkat sekolah yang membawahi TEFA di masing-masing jurusan. Jika TEFA dilembagakan kedepan ada semacam akreditasi bagi sekolah vokasi dengan akreditasi manajemen TEFA. Model MTF-5P Kerisku, rill usaha dalam membetuk siswa tak hanya hard skill, namun juga soft skill nyata dengan kecakapan kewirausahaan. MTF-5P riil sebagai sebuah model manajemen pendidikan, bukan sekedar manajemen pembelajaran dikelas/dibengkel.

f. Model MTF-5P Kerisku, dapat memberikan nilai tambah pada jiwa kewirausahaan yang selama ini sangat digalakan oleh pemerintah sebagai calon-calon pengusaha muda. Dimulai dalam pemebalajran di bengkel sekolah dalam menghasilkan produk baik barang maupun jasa. Siswa tak hanya menegrjakan pesanan dari user, pelanggan ataupun industri. Dengan pengerjaan sesuai standar industri yang berkualitas. Mengasah keahlian dan keterampilan dalam kecakapan hidup yang peneliti sebut dengan kecakapan kewirausahaan (kerisku) untuk menghasilkan produk barang dan jasa.

g.  Model MTF-5P Kerisku, merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran di SMK, dengan mengelaborasi bahwa TEFA bisa berjalan jika ditopang dari unsur-unsur manajemen yang ada disebuah insitusi (SMK), dengan 5 (lima) pilar utama yaitu : Kurikulum sesuai dengan TEFA, Tata Kelola/Manajemen TEFA, SDM/Pengelola TEFA, Durasi/Wwaktu dengan Pembelajaran sistem blok, ditambah kecakapan kewirausahaan (kerisku)  yaitu : Kerjasama, berani mengambil resiko, tanggung jawab dan kepemimpinan dalam rangka pencapaian kompetensi berdasarkan kurikulum berorientasi pengembangan entrepreneurship.

h. Pola pengeloaan Model MTF-5P Kerisku siswa dapat mengoptimalkan unit produksi (UP) di sekolah dengan dukungan kerjasama sekolah dengan IDUKA agar dapat menghasilkan produk barang maupun jasa berstandar industri. Kerjasama SMK dengan IDUKA dapat meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan IDUKA, mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya pendidikan diluar sekolah dengan perkembangan IPTEK, kebutuhan  dan ketersediaan tenaga kerja sesuai kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan IDUKA.

i.  Model MTF-5P Kerisku, lebih menekankan pada elaborasi proses pengelaolaan manajemen pembelajaran diruang workshop praktik berbasis bisnis dan produksi berdasarkan prosedur dan standar kerja di IDUKA yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi

6.      Saran

Berdasarkan hasil penelitian, simpulan, implikasi dan keterbatasan penelitian menunjukan bahwa Model MTF-5P Kerisku, yang dikembangkan dapat diterapkan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi implementasi TEFA di SMK. Dimana guru produktif mengkombinasikan antara unsur pendidikan, pelatihan dengan pembelajaran di sekolah, pembelajaran dan sekaligus melakukan produksi baik barang maupun jasa serta tidak hanya mengejar profit oriented. Namun siswa belajar bagaimana mengasah jiwa dan karakter kecakapan kewirausahaan.

Siswa sebagai pelaksana, guru sebagai konsultan atau pengelolanya, dapat menghasilkan produk yang berkualitas. Dengan begitu ada beberapa saran yang bisa diberikan :

a. Pengelola Model MTF-5P Kerisku, agar lebih aktif lagi dalam mencari konsumen/pesanan baik dari dalam sekolah sendiri maupun dari luar sekolah (masyarakat umum).

b. Model MTF-5P Kerisku, hanya menawarkan peluang untuk belajar bagaimana membangun mindset berwirausaha, karenanya model ini agar bisa lebih difokuskan lagi pada penekanan kompetensi kecakapan dengan variable lain yang diperluas untuk bekerja dan berwirausaha. Model MTF-5P Kerisku, agar lebih banyak memanfaatkan kemajuan IT dalam upaya promosi (marketing digital), sesuai tuntutan  diera revolusi industri 4,0 dan era society 5,0.

c.   Model MTF-5P Kerisku, agar lebih mengembangkan kreatifitas pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan inovasi produk baik barang maupun jasa.

d.  Model MTF-5P Kerisku, membutuhkan kerjasama intensif antara sekolah dengan IDUKA. Namun tidak menjadi alasan karena susahnya jejaring dengan industry representative kemudian tidak bisa melaksanakan TEFA. Dalam hal pengembangan jenis produk baik barang maupun jasa, serta pelatihan bagi guru akan jenis keahlian yang dikembangkan dengan regulasi payung hukum dari pemerintah. Utamanya dalam hal masalah keuangan TEFA.

e.   Model MTF-5P Kerisku, bisa dikembagkan dalam skala luas, implemnatasinya di SMK ada dalam luma pilar TEFA Kerisku. Bukan sekedar diurus masing-masing jurusan tapi ada bagian khusus tingkat sekolah yang membawahi TEFA di masing-masing jurusan

f.  Model MTF-5P Kerisku, yang dilembagakan kedepan, peneliti mengusulkan ada semacam akreditasi bagi sekolah vokasi, dalam bentuk akreditasi pada manajemen TEFA, sebagai ciri khas kekhususan sekolah vokasi SMK dengan sekolah lain.

g. MTF-5P Kerisku, rill sebagai wujud usaha dalam membetuk siswa tak hanya menguasai hard skill, namun juga soft skill nyata dengan kecakapan kewirausahaan). MTF-5P riil sebagai sebuah model manajemen Pendidikan, bukan sekedar manajemen pembelajaran dikelas/dibengkel.

h. Model MTF-5P Kerisku, dapat dilanjutkan dalam penelitian terapan model manajemen TEFA untuk melihat keefektifan dan efesiensi pencapaian kualitas lulusan dalam skala lebih luas terkait dengan kecakapan kewiruashaan yang sesuai kebutuhan pangsa pasar kerja.

i.   Perlu peneletian lebih lanjut pengembangan model MTF-5P Kerisku di SMK, dalam skala lebih luas agar dapat membandingkan kemanfaatan makna model.


BIODATA PROMOVENDUS

 


Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd., tinggal di Desa Kertomulyo RT 03/01, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal. Riwayat Pendidikan SD-SMA  di Pemalang. Lulus SDN 02 Bulu Petarukan, tahun 1989. SMPN 01 Petarukan, tahun 1992. SMA Negeri 2 Pemalang, tahun 1995. Lulus S1 Pendidikan Teknik Mesin IKIP Veteran Semarang/Universitas Ivet Semarang (UNISVET), tahun 2000. Lulus S2 Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES), tahun 2009. Pada Tahun 2020 studi S3 Manajemen Kependidikan Sekolah Pascasarjana (SPS) UNNES, selesai tahun 2023. Tahun 2022, lulus Sekolah Penelitian Indoenesia (SPI) Beeru Institue.

Tahun 2022, mendapatkan Hibah Penelitian Disertasi dari SPS UNNES dan Hibah Penelitian Disertasi Doktor (PDD) dari Ditjen Dikti Kemendikbudristek RI.

Riwayat pekerjaan sambil kuliah dan bekerja, dari tahun 1998-2000 guru Teknik Otomotif di SMK IPTEK Semarang. Tahun 2000-2003 guru Teknik Otomotif SMK Pondok Modern Selamat Kendal. Tahun 2003-2008 guru Teknik Otomotif SMK Bina Utama Kendal. Tahun 2008-sekarang guru PNS Teknik Otomotif SMK Negeri 4 Kendal. Tahun 2013-sekarang dosen PJJPVTO UNISVET Semarang.

Riwayat organisasi : Ketua PGRI Ranting SMK Negeri 4 Kendal, 2010-2015; Wakil Ketua PGRI Cabang Brangsong Kendal, 2015-2020; Guru Pembelajar Online (GPO) Teknik Kendaraan Ringan SMK Kabupaten Kendal, 2015-2020; Ketua Bidang Pengembangan Organisasi Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Kendal, 2016-2021; MGMP TKRO SMK Kabupaten Kendal, 2017-2022; Ketua MGMP TKRO IGI SMK Wilayah Jawa Tengah, 2017-2022; Direktur BUMdes Kertomulyo Kec. Brangsong Kendal, 2017-2020; Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Negeri 4 Kendal, 2017-2020; Humas Asosiasi Guru Penulis (AGP) Kabupaten Kendal, 2018-2021; Kabid Dakwah dan Kajian Alquran Yayasan Majelis Taklim Husnul Khatimah Kabupaten Kendal, 2020-2025; Ketua Umum Pengurus Pusat Perkumpulan Pendidik Vokasi Indoneisa-Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PPVI-IGVIM), 2021-2026.

Karya Ilmiah dan Publikasi, (Selama Studi Tiga Tahun Terakhir) :

  1. “Pembelajaran Praktik Produktif Sistem Rem dengan Metode TSS (Think Share Square), Artikel Jawa Pos Radar Semarang, tanggal 04-12-2020. “Teaching Factory Financial Management in Vocational School”, dimuat di Jurnal European Journal Molecular & Clinical Medicine, tanggal 04-01-2021.
  2. The Role of Transformational Leadership, Work Environment, Motivation on Job Satisfaction and Teachers Performance of Vocational Schools” dimuat  di International Conference on Economics, Business and Economic Education Science tanggal 27 s.d 28-07-2021.
  3. Projeck Based Learning” (PBL) PKKWU dengan Pendekatan Teaching Factory di Era Pandemi”, Artikel  Jawa Pos Radar Semarang, tanggal 27-08-2021. “Blended Learning dengan Google Classroom pada Mapel PKKWU”, Artikel Jawa Pos Radar Semarang, tanggal 29-09-2021. “The Role of the Social Media and Family Environment on Entrepreneurial Interest of Vocational School Students”. Dimuat di Economic Education Analysis Journal Unnes; tanggal 13-02-2022.
  4. The Role of Teaching Factory Management  has a Significant Effect on Entrepreneurship Skill: A Structural Equation Modelling Analisy”s, dimuat dijurnal Scopus : Association Res Militaris Revue Europeenne D Etudes European Journal of Military Studies, tanggal 30-12-2022.
  5. The Role of Psychological Security Climate, Leadership, and Self-Efficacy on the Teachers Innovation Capability through Knowledge Management of  Vocational School”, dimuat di International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol. 99, No. 1, Month 2099, pp. 1~1x ISSN: 2252-8822, DOI: 10.11591/ijere.v99i1. Artikel : “Ketuntasan Belajar Melalui Adopsi Inovasi Pembelajaran Pilot Project dalam Meningkatkan Ketrampilan Berwirausaha” No HKI : EC00202162150.
  6. Teaching Factory Financial Management in Vocational School, Scopus ID  04-01-2021, Scopus ID, European Journal Molecular & Clinical Medicine European Journal Molecular & Clinical Medicine https://www.ejmcm.com/article_5963.html
  7. The Role of Transformational Leadership, Work Environment, Motivation on Job Satisfaction and Teachers Performance of Vocational Schools, International Conference on Economics,  Business and Economic Education Science 2021 ICE-BEES, Tanggal 27 s.d 28-07-2021
  8. The Effect Of The Application Of The Learning Model 6 Step Teaching Factory (Tf-6m) And Achievements Learning Entrepreneurship On Interest Entrepreneurs For Vocational Students 11-09-2021 Integrating Digital Transformation in Academic-Driven Programs: A Holistic Approach of Challenges and Opportunities, September 11, 2021 The 7th International Conference on Science, Education, and Technology (ISET ) Tahun 2021
  9. The Role of Teaching Factory Management  has a Significant Effect on Entrepreneurship Skill: A Structural Equation Modelling Analisys, Scopus ID 30-12-2022. Association Res Militaris Revue Europeenne D Etudes European Journal of Military Studies Revue Europeenne D Etudes European Journal of Military Studies http://resmilitaris.net/ Scopus link : https://www.scopus.com/sourceid/21100908447; Web Journal link : http://resmilitaris.net  ; https://www.scimagojr.com/journalsearch.php?q=21100908447&tip=sid&exact=no  ISSN : 2265-6294
  10. The Role of Psychological Security Climate, Leadership, and Self-Efficacy on the Teachers Innovation Capability through Knowledge Management of  Vocational School; International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol. 99, No. 1, Month 2099, pp. 1~1x ISSN: 2252-8822, DOI: 10.11591/ijere.v99i1.paperID International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol. 99, No. 1, Month 2099, pp. 1~1x ISSN: 2252-8822, DOI: 10.11591/ijere.v99i1.paperID, 2023 (LOA)
  11. Development of a Teaching Factory (TEFA) Management Prototype Model Oriented to Improve Students Entrepreneurship Skills at Vocational High School (VHS); SDG Journal of Law and Sustainable Development (JLSD), ISSN : 2764-4170, 2023 (LOA).
  12. The Role of the Social Media and Family Environment on Entrepreneurial Interest of Vocational School Students 13-02-2022 Economic Education Analysis Journal Unnes Semarang The Role of the Social Media and Family Environment on Entrepreneurial Interest of Vocational School Students | Economic Education Analysis Journal (unnes.ac.id)
  13. The role of Digital Leadership, Total Quality Management, and Knowledge Management on Sustainability Management of  Vocational Schools in the VUCA and Digital Era, (2023).
  14. Investigating the role of brand image and halal labels on purchase decisions: An empirical study of rice processing firms; September 2023; https://www.growingscience.com/uscm/online.html; http://www.growingscience.com/uscm/online/uscm_2023_161.pdf
  15. Harnessing Artificial Intelligence to Increase the Efficiency of Education Management in the Future; Al-Fikrah: The Journal of Educational Management, UIN Mahmud Yunus Batusangkar Sumbar ISSN Print :c2339-0131; Online ISSN : 2549-9106; Vol 11 No 2 Tahun 2023.
  16. Adaptive Learning in the Future of Educational Management Adapts to Student Needs; Al-Fikrah: The Journal of Educational Management, UIN Mahmud Yunus Batusangkar Sumbar ISSN Print :c2339-0131; Online ISSN : 2549-9106; Vol 11 No 2 Tahun 2023.
  17. The Role of Mobile Technology in Improving Accessibility and Quality of Learning; Al-Fikrah: The Journal of Educational Management, UIN Mahmud Yunus Batusangkar Sumbar, ISSN Print : c2339-0131; Online ISSN : 2549-9106; Vol 11 No 2 Tahun 2023.
  18. The Role  of E-Commerce and Digital Marketing Adoption on the Financial and Sustainability Performance of SMEs; International Journal of Data and Network Science; https://growingscience.com/ijds/ijds.html; Q2 Scimago; https://www.scimagojr.com/journalsearch.php?q=21100970247&tip=sid&exact=no; Q1 Scopus https://www.scopus.com/sourceid/21100970247 (Process).

        Karya Buku yang Pernah Ditulis, (Selama Studi Tiga Tahun Terakhir):

  1. Buku “Pengembangan Kebijakan Pendidikan dalam Tinjauan Polkumeksosbud” 2021, YPSIM Banten, ISBN : 978-623-6356-15-9 Banten Cetakan Pertama, Juli 2022. No HKI : EC00202148861.
  2. Buku “Supervisi Pendidikan, Menjadi Supervisor yang Ideal” 2021  Unnes Press, ISBN : 978-602-285-286-5 Semarang Cetakan Pertama, Agustus 2021. No HKI : EC00202148846.
  3. Buku : “Guru Membangun Paradigma Berfikir” 2022
  4. Buku : “Smart School dan Sekolah Unggul” 2022
  5. Buku : “Pembelajaran Berbasis STEM” 2022
  6. Buku : “Membangun Kinerja Team Work yang Kuat” 2022
  7. Buku “Panduan Model Manajemen TEFA MTF-5P Kerisku; UNNES Press, 2023 (Dalam Proses).
  8. Buku “Panduan Kecakapan Kewirausahaan (Kerisku) ; UNNES Press, 2023 (Dalam Proses).
  9. Book Chapter "Model Pembelajaran-Product Based Training (PBT)" Penerbit PT Eureka Media Aksara, ISBN : 202378-623-151-624-4, Cetakan Pertama, Oktober 2023.
  10. Book Chapter "Manajemen Konflik-Dampak Konflik" Penerbit PT Eureka Media Aksara; 2023 (Dalam Proses ISBN).
  11. Book Chapter "Manajemen Resiko; Era Transformasi Digital-Kebijakan Umum Pengelolaan Resiko" Penerbit PT Eureka Media Aksara; 2023 (Dalam Proses ISBN).
  12. Book Chapter “Manajemen Pendidikan Islam-Konsepsi Manajemen Pendidikan" Penerbit PT. Mifandi Mandiri Digital (MMD) ; 2023 (Dalam Proses ISBN).
  13. Book Chapter : "Penguatan Profil Pelajar Pancasila Merdeka Belajar-Kewirausahaan; Penerbit PT. Mifandi Mandiri Digital (MMD) ; 2023 (Dalam Proses ISBN).

        Training dan Magang Industri (Selama Studi Tiga Tahun Terakhir):

  1. Diklat Tune Up EFI, BBPPMPV Boe Malang, 1-10 Juli 2020
  2.  Diklat Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Injeksi,  BBPPMPV Boe Malang, 1-10 Juni 2021
  3. Training Refreshment Diesel Engine, Mitsubishi Cikarang, 2-6 Januari 2021
  4. Diklat Perawatan dan Perbaikan Kendaraan Ringan (Servis Berkala), di BBPPMPV BMTI dan Auto 2000 Bandung, 5-26 Pebruari 2023
  5.  Beberapa diklat dan Training Bidang IT dan Digitalisasi Pembelajaran, 2020 - Sekarang

Seminar / Webinar (Selama Studi Tiga Tahun Terakhir):

  1. Webinar Nasional “Ayo Belajar Informatika dari SD, SMP, dan SMA Serta SIMDIG di SMK, Tanggal 25-07-2020 Online / IGTIK, Peserta.
  2. Webinar Teknik Menulis Artikel PTK pada Jurnal Penelitian Ilmiah Populer, Tanggal 09-11-2020, Online / PP IGVIM, Keynote Speaker.
  3. Webinar Nasional Diskusi Pakar Vokasi “Arah dan Paradigma baru Pendidikan Vokasi Indonesia – Guru Tangguh Karena Kualitas, Guru Berdaya karena Mandiri” dalam Rangka Peringatan Hari Guru Nasional (HGN), Tanggal 23-11-2020, Online / IGVIM dan Universitas STEKOM Semarang, Narasumber.
  4. Webinar International “Link and Match Between Education and Industry and Technology Transference”, Tanggal 12-12-2020, Online / IGVIM-Universitas Stekom Semarang, Narasumber Internasional.
  5. Internasional Workshop “E-Commerce Technology Education” Tanggal 8, 9, 10, 11, 15, 16, 17, 18 Desember 2020, Online / Fuzhou Polytechnic (Fuzhou Polytechnic Business School, Fuzhou Polytechnic Alibaba Big Data School, Fuzhou Polytechnic International Education School) dengan Fakultas Vokasi Universitas STEKOM dan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, Peserta.
  6. Internasional Webinar “Link and Match Between Education and Industry and Technology Transference”, Tanggal 12-12-2020, Online / Universitas STEKOM, City University of Hongkong, Universidad Autonoma de Baja California dan Ikatan Guru Vokasi Indonesia maju (IGVIM). Narasumber Internasional.
  7. Internasional Webinar “Overcome Digital Transformation and Technology Innovation on Industry and Entrepreneurship”  Tanggal 19-12-2020, Online / Kerjasama Universitas STEKOM, Maltepe University of Turky, MIREA Russian Technological dan Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (IGVIM). University, Candigarh University India dan IGVIM, Narasumber Internasional.
  8. Webinar Nasional “Menguatkan Ekonomi Nasional Melalui Kemitraan Strategis IDUKA dan Penyelaraan Kurikulum Industri Pendidikan Vokasi SMK yang Berdaya Saing Global” Tanggal 11-03-2021, Online / PP IGVIM dan Universitas STEKOM Semarang, Narasumber.
  9. Webinar Nasional “Menguatkan Kemitraan IDUKA dalam Memanfaatkan Peluang Melalui Program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) untuk menumbuhkan Semangat Entrepreunership dalam Memperkaya Ekonomi Bangsa yang Berdaya Saing Global, Tanggal 23-03-2021, Online / IGVIM-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Narasumber.
  10. Webinar Bilateral Indonesia-Malaysia “Adaptasi Membangun Budaya Kerja yang diharapkan IDUKA dalam Rangka Menghadapi Tantangan Global, Tanggal 24-03-2021, Online / PW IGVIM Banten, Narasumber Internasional.
  11. Webinar Nasional “Meningkatkan Ekonomi Nasional Melalui Kemitraan Startegis IDUKA dan Penyelarasan Kurikulum Industri Pendidikan Vokasi SMK yang Berdaya Saing Global, Tanggal 29-03-2021, Online / PW IGVIM Kaltim-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, Narasumber.
  12. Webinar Nasional “Mengembangkan Potensi daerah Melalui Pendidikan Vokasi, Link and Match SMK-IDUKA Menuju NTT Sejahtera” , Tanggal 30-03-2021, Online / PW IGVIM NTT-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Narasumber.
  13. Webinar Nasional Pendidikan : “Pengembangan Ekonomi Kreatif, Arah dan Paradigma baru Pendidikan Nasional dalam Perspektif Organisasi Pendidik Indonesia”, Tanggal 03-05-2021, Online / PP IGVIM, Narasumber.
  14. Webinar Online Learning Interactions, 22-05-2021, Online / Seamolec, Peserta.
  15. Webinar Pelatihan Penulisan Ilmiah Strategi Pengumpulan Data Penelitian Terapan pada Masa Pandemi Covid-19, Tanggal 25-05-2021, Online / Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Peserta.
  16. Webinar Nasional “Struktural Equation Modelling (SEM)”, Tanggal 02-07-2021, Online / Pusat UPPM Poltekkes Semarang, Peserta.
  17. Webinar Nasional PW IGVIM Jawa Barat: “Peran Startegis IGVIM dalam Mendorong Penguatan Pendidikan Vokasi Menyambut Percepatan Ekonomi Kreatif dan Digital”, Tanggal 15-07-2021, Online / PW IGVIM Jabar dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Jabar, Narasumber.
  18. Webinar International Conference on Economics, Business and Economic Education Science 2021, ICE-BEES, Tanggal 27-28 July 2021 Semarang dan Tanggal 27 s.d 28-07-2021, Online / FE Unnes Semarang, Narasumber Internasional.
  19. Webinar “Tantangan Pembentukan Pendidikan Karakter Di Era Digital”, Tanggal 27-08-2021, Online/Kominfo dan Seiber Kreasi, Peserta.
  20. “Hybrid dan Blended Learning : Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi”, Tanggal 28-08-2021, Online/Program Doktor Manajemen Kependidikan, S3 MP Unnes. Narasumber.
  21. Seminar “Kuliah Umum Pendidikan Vokasi dengan Tema :Sinergitas Perguruan Tinggi dalam Pengembangan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) Menuju Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh” , Tanggal 10-09-2021, FT Unnes, Peserta.
  22. Seminar : “For Outstanding Contribution in the 7th International Conference on Science, Education, and Technology (ISET 2021) held by Graduate School of Universitas Negeri Semarang” , Tanggal 11-09-2021, Unnes Semarang, Peserta.
  23. Webinar Urgensi Riset untuk Kebijakan Publik, Tanggal 15-10-2021, Online/Balitbang Daerah Prop. Jawa Barat dengan LPPM UPI, Peserta.
  24. Webinar Komunitas Pintar by Erlangga : “SMK PK dan Tuntutan Paradigma baru dalam Pembelajaran”, Tanggal 23-10-2021, PT. Erlangga, Peserta.
  25. Webinar Karya Inovatif Bisa, Publikasi Hebat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Tanggal 28-10-2021, Secara Daring. Kerjasama PW IGVIM Sulawesi Tengah dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Narasumber.
  26. Seminar Nasional Pendidikan Vokasi “SMK dan Peluang Riset Terapan Model Pembelajaran Real Teaching Factory (Tefa) dengan Perguruan Tinggi dan IDUKA dalam Rangka Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021dan Pelantikan Pengurus Wilayah (PW) PPVI-IGVIM DKI Jakarta Periode Tahun 2021-2026, Tanggal 27-11-2021, Blended (Luring dan Daring/Aula Gedung D Lantai 2 Kemdikbudristek, Narasumber.
  27. Seminar Nasional Hak Kekayaan Intelektual “Perlindungan hak Cipta Musik dan Lagu di Era Teknologi Digital dalam Menumbuhkan Kreatifitas dan Revenue Pencipta”, Tanggal 16-03-2022, Online (Menparekref  RI), Peserta.
  28. “Seminar Pelatihan Ketrampilan Pengemasan dan Pengujian Sirkuit Terpadu dan Pelatihan Simulasi Virtual”, Tanggal 20 Mei 2022, International Cultural Communication Centre Malaysia (ICCM) dengan Polban, Peserta.
  29. Webinar Series “Smart System For Industry 4.0”, Tanggal 06-06-2022. PT. Langgeng Sejahtera Kreasi Komputer, Jogjakarta, Peserta.
  30. FGD “Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul dan Berdaya Saing Global”, Tanggal 11-06-2022, Unnes Semarang, Peserta.
  31. Akadasia Webinar For Education Institution Leaders, Tanggal 22 Juni 2022. Akadasia Singapura, Peserta.
  32. Seminar Online “Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Hadapi Perubahan Raih Impian Jenjang SMK Provinsi Jawa Tengah, Tanggal 14 Juli 2022, BPSDM Provinsi Jawa Tengah, Peserta.
  33. Webinar Nasional Pendidikan Vokasi : Peluang dan Tantangan Lulusan Pendidikan Vokasi" Tanggal 5 September 2022, PSDKU PNJ Kampus Demak. Moderator.
  34. Focus Grup Discussion (FGD) Uji Validitas dan Kelayakan Model Manajemen Teaching Factory (TEFA) Beroreintasi Kecakapan Kewirausahaan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Tanggal 22 Sepetember 2022, Pascasarjana Unnes Semarang, Narasumber.
  35. Webinar Tata Kelola Organisasi Profesi Guru bersama Ditjend GTK Kemendikbudristek RI bagi Semua, Tanggal 18 Maret 2023, GTK Kemendikbudristek, Peserta.

Workshop/Diklat (Selama Studi Tiga Tahun Terakhir) :

  1. Workshop Penyusunan E-KTSP dan Digitalisasi Pembelajaran Menuju Merdeka Belajar dan Sekolah Penggerak Tahun 2020/2021, Tanggal 8 s/d 20-05-2020, SMKN 4 Kendal.
  2. Workhsop Training of Trainers (TOT) Guru Inovatif Angkatan 2020, Tanggal 2 s/d 5 Juni 2020, Online/PGRI Smart Learning and Character Center dan PT Microsoft Indonesia.
  3. Diklat Daring Guru Kejuruan Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Injeksi, Tanggal 06 s/d 30-07-2020, Online/P4TK Boe Malang.
  4. Workhsop Training of Trainers (TOT) PJJ Alternatif MS Teams 365 Tahap 1, Tanggal 29 s/d 30 Juli dan 3 s/d 4 Agustus 2020, Online/Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah dengan PT Microsoft Indonesia.
  5. Training Refreshment Diesel Engine System, Tanggal 12 s/d 15 Januari 2021, PT Sun Star Prima Motor Training Center–Mitsubishi Cikarang/PT Sun Star Prima Motor Training Center– Mitsubishi Cikarang.
  6. Pelatihan Soft Skills Kepemimpinan Bertumbuh, Tanggal 10-04-2021, Online/PPS Unnes Semarang.
  7. Workshop Daring “Pengembangan Diri Meningkatkan Kompetensi Publikasi Karya Ilmiah”  Tanggal 19-25 April 2021, Online/Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia.
  8. Workshop Learning Interaction, Tanggal 22-05-2021, Online/Seamolec.
  9. Workshop Praktik Baik Kemitraan Pemerintah dalam Mendukung Program Merdeka Belajar dan Pendidikan di Indonesia, Tanggal 24-05-2021, Oline/ Kemdikbudristek RI
  10. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah   25-05-2021, Online/Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
  11. Workshop Teaching Factory Improvement, Tanggal 22-06-2021, Online/ATMI BIZDEC.
  12. Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa, Tanggal 31-07-2021, Jawa Pos Radar Semarang.
  13. Workshop / IHT Implementasi Pembelajaran Program Sekolah Penggerak/SMK PK 2-16 Agustus 2021, Online/SMKN 4 Kendal.
  14. Pelatihan Google Master Trainer Workspace For Education Level 2, Tanggal 18-20 Agustus 2021, Online/Refoo Indonesia.
  15. Workshop TOT Teaching Factory (TOT TEFA), Tanggal 6-8 September 2021 ATMI BIZDEC dan PP IGVIM.
  16. Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan III Pertemuan 4 “Analisa Data Kualitatif dengan Atlas.ti”, Tanggal 26-09-2021, Beeru Institut.
  17. Workshop “Penulisan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa S2 dan S3 Pascasarjana Unnes Semarang” , Tanggal 02-10-2022, Pascasarjana Unnes.
  18. Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan III Pertemuan 5, “Metode Penelitian Kombinasi”, Tanggal 17-10-2021, Beeru Institut.
  19. Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan III Pertemuan 6, “Penelitian dan Pengembangan”, Tanggal 31-10-2021, Beeru Institut.
  20. Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan III Pertemuan 7, “Metode Penelitian Tindakan”, Tanggal 14-11-2021, Beeru Institut.
  21. Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan III Pertemuan 8, “Metode Penelitian Kebijakan”, Tanggal 28-11-2021, Beeru Institut.
  22. Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan III Pertemuan 9, “Metode Penelitian Evaluasi”, Tanggal12-12-2021, Beeru Institut.
  23. Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan III Pertemuan 10, “Metode Penelitian Eksperimen dan Analisis Data Menggunakan SPSS”, Tanggal 26-12-2021, Beeru Institut.
  24. Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan III Pertemuan 11, “Metode Penelitian Studi Kasus”, Tanggal 04-01-2022, Beeru Institut.
  25. Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan III Pertemuan 12, “Cara Mudah Menulis Laporan Skripsi, Tesis, dan Disertasi” Tanggal 30-01-2022, Beeru Institut.
  26. Pelatihan Online dengan Tema : “Penggunaan SEM PLS dan Aplikasi Multi Group Analysis (MGA) untuk Penelitian Dosen dan Mahasiswa (S1, S2, S3), Tanggal 21-01-2022, FE Universitas Sumatera Selatan.
  27. Pelatihan Estat 2, Cara Cepat Mahir Penelitian Kuantitatif, Tanggal 12-13 Pebruari  2022       PT. Ebiz Prima Nusa.
  28. Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan IV Pertemuan 1, “Metode Penelitian Kuantitatif”, Tanggal 20-02-2022, Beeru Institut.
  29. Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan IV Pertemuan 2, “Praktik Analisis Data Kuantitatif dengan SPSS” , Tanggal 27-02-2022, Beeru Institut.
  30. Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan IV Pertemuan 3, “Metode Penelitian Kualitatif”, Tanggal       13-03-2022, Beeru Institut.
  31. Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Penelitian Indonesia Angkatan ke-3, Tahun 2021/2022, Tanggal 26-09-2021 s.d 13-03-2022, Beeru Institut.
  32. TOT Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Guru, Dosen dan Widyaiswara, Lemhanas RI, Tanggal 21-29 September 2021, Lemhanas RI.
  33. Workshop Penulisan dan Penerbitan Buku Ajar MKKS SMK Provinsi Jawa Tengah, Tanggal 5-10-2021 MKKS SMK dan Penerbit Andy Offset Jogjakarta.
  34. Pelatihan Online “Strategi Menulis Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus, Tanggal 28-05-2022 Pelita Ilmi Jogjakarta.
  35. Pelatihan Online “Cara Mudah dan Cepat Manajemen Referensi Menggunakan Mendelay”, Tanggal 30-05-2022, Pelita Ilmi Jogjakarta.
  36. Training of Trainers (TOT) Desain Pembelajaran Abad 21 dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Tanggal 13-18 Juni 2022, Dit. GTK Kemendikbudristek dengan PT Microsoft Indonesia.
  37. Workshop Penulisan Manuskrip Jurnal Internasional Bereputasi bagi Mahasiswa Doktor Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. 09-05-2022 Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
  38. Pendampingan dan Pelatihan Mutu Pendidikan melalui Perencanaan Berbasis Data pada Satuan Pendidikan Vokasi, Tanggal 30 Mei-10 Juni 2022, BBPPMPV Seni Budaya Jogjakarta.
  39. Pelatihan Mendelay Training Certificationof Achievment, Tanggal 11-06-2022, Mendeley Training Centre Solo.
  40. Pelatihan Asessor Kompetensi (Workplace Assesment Training), Tanggal 26-29 Juli 2022, LSP P1 SMK Negeri 4 Kendal dengan BNSP Jakarta.
  41. Pelatihan Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan Berstandar Industri Angkatan 1 Tahun 2022, Tanggal 5-26 Pebruari 2023, Kemendikbudristek RI melalui Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) Bandung.
  42. Uji Kompetensi Perawatan dan Perbaikan Kendaraan Ringan    17-20 Pebruari 2023 Auto 2000 Soekarno Hatta Bandung.
  43. Magang Industri di Auto 2000 Soekrano Hatta Bandung, Tanggal 21-25 Pebruari 2023 Auto 2000 Soekarno Hatta Bandung.
  44. Pembekalan Narasumber Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka, Tanggal 14-18 April 2023, BBPPMPV Seni Budaya Jogjakarta.
  45. Pelatihan Thematic Academy Digital Talent Scholarship 2023, Pelatihan Data Science untuk Guru SMA/SMK , Tanggal 23-25 Mei 2023, BPSDMD Jateng.
  46. Pelatihan MOOC Penyusunan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Batch 4, Tanggal 05-23 Juni 2023, BPSDMD Jateng.
  47. Pelatihan MOOC ASN Jateng Bijak Berinternet Batch 4, Tanggal 5-23 Juni 2023, BPSDMD Jateng.
  48. Workshop Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Berstandar Jurnal Internasional Terindeks Scopus, 1-3 September 2023, Rumah Scopus, Jogjakarta.
  49. Workshop SKP, 19-20 September 2023, BPSDMD  Jateng.

Piagam Penghargaan (Tiga Tahun Terakhir)

1.  Sertifikat Youth Innovation Forum Japan, Tanggal 02-02-2020.

2. Sertifikat Pengenalan Kehidupan Kampus (PKKMB) Pascasarjana Unnes Semarang, Tanggal 01 s/d 05-09-2020.

3.  Sertifikat Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP II) Universitas Ivet Semarang, Tanggal 30 September s/d 30 Nopember 2020.

4. Sertifikat “Piagam Penghargaan dalam Kegiatan Uji Publik Penyempurnaan Draft Standar Soft Skills Esensial Pendidikan Vokasi”, Tanggal 15-24 Nopember 2021.

5. Sertifikat Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP II) Universitas Ivet Semarang, Tanggal  01 September s/d 15 Oktober 2022.

6. Sertifikat Piagam Test of Proficiency in English Language (ToPel/TOEFL), Tanggal 14 Oktober 2022.

Lain-lain (Tiga Tahun Terakhir)

  1. Penulis Artikel Populer Media Online Kompasiana.com, 2020-sekarang
  2. Trainer MS Office 365, 2020-sekarang
  3. Editor Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia Maju (JIPIM) Banten, 2021 - Sekarang
  4. Editor Jurnal of Community Service and Engagment (Jokose) Banten, 2021 - Sekarang
  5. Trainer Google Master Workspace For Education, 2022 - Sekarang
  6. Mendapatkan hibah penelitian Disertasi dari Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Tahun 2022
  7. Mendapatkan hibah Penelitian Disertasi Doktor PDD Ditjen Dikti Kemendikbudristek RI, Tahun 2022
  8. Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9, Tahun 2023

 

Semarang, 6 November 2023

Hormat Kami


Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd



Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search