-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Disertasi Dr. Edy Siswanto; Manajemen TEFA (MTF-5P) Tingkatkan Kecakapan Kewirausahaan (Kerisku); Penelitian di Enam SMK TEFA

- November 22, 2023
advertise here
advertise here

 


Disertasi Dr. Edy Siswanto; Manajemen TEFA (MTF-5P) Tingkatkan Kecakapan Kewirausahaan (Kerisku) Penelitian di Enam SMK TEFA

Semarang, Program Doktor Manajemen Kependidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES), mengadakan ujian terbuka promosi Doktor. Atas nama Edy Siswanto. Dengan Promotor : Prof. Dr. Samsudi, M.Pd. Kopromotor, Dr. Eko Supraptono, M.Pd., dan Anggota Promotor Prof. Dr. Eng. Yeri Sutopo, M.Pd., MT. Edy Siswanto melalui disertasinya yang berjudul : Model Manajemen Teaching Factory (TEFA) Berorientasi Pengembangan Kecakapan Kewirausahaan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)”. Menyampaikan perlunya model manajemen TEFA (MTF-5P) Berorientasi Pengembangan Kecakapan Kewirausahaan Siswa di SMK. Penelitian ini berbasis Model Research and Development (R and D). Menggunakan kuasi ekseperimen, dengan Uji t-tes dan N-gain.

 

Pelaksanaan TEFA di SMK belum berjalan maksimal, dikarenakan banyak hal dari mulai Manajemen/Strategi (Tata Kelola), Kurikulum, SDM/Pengelola dan Durasi Waktu pelaksanaan TEFA, belum semua SMK TEFA memakai system block schedule, belum siap dan masih mengalami kendala. Perlu ada motivasi dan dorongan (mindset) dari pengelola SMK, utamanya Kepala Sekolah. Dengan model manajemen TEFA MTF-5P (Lima Pilar); Kecakapan Kewirausahaan (Kerisku), disingkat “MTF-5P Kerisku”. Agar mampu mengontrol pelaksanaan TEFA di SMK. Pada akhirnya TEFA bisa berjalan dengan maksimal sesuai karakteristik dan tujuan TEFA di SMK. 

Studi ini ditunjang dengan penelitian di empat SMK Teknik Pemesinan dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di Jawa Tengah yang menjadi role model atau percontohan dalam penerapan TEFA. Yakni SMK Mikael Surakarta, SMK Warga Surakarta, SMK NU Ma’arif Kudus, dan SMK Negeri 7 Semarang. Uji coba penerapan model di dua SMK Otomotif di Kendal. SMK Bina Utama Kendal sebagai kelas control dan SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Kendal sebagai kelas eksperimen. Kesimpulannya model manajemen TEFA (MTF-5P) Kerisku, dapat meningkatkan kecakapan kewirausahaan siswa SMK, jelasnya kemarin. 

Ditambahkan penerapan model manajemen  TEFA, yang meliputi : Kurikulum, SDM/Pengelola, Manajemen/Strategi (Tata Kelola) dan Durasi Waktu pelaksanaan TEFA, dapat berimbas meningkatknya kecakapan kewirausahaan siswa, yang meliputi : Tanggung Jawab, Kerjasama, Berani Mengambil Resiko dan Kepemimpinan. Pada akhirnya SMK perlu menerapkan TEFA dari mulai POAC (Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, Contorlling) TEFA. 

Relevansi

Disertasi ini telah dipertahankan dihadapan sidang panitia ujian terbuka, hari Selasa, tanggal 14 November 2023. Dengan penguji terdiri atas Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum, Direktur Sekolah Pascasarjana UNNES, Prof. Dr. Wasino, M.Hum., Dr. Ir. I Made Sudana, M.Pd., IPM. (Penguji dari eksternal/Pakar). Prof Dr. Fakhruddin, M.Pd., Prof. Dr. Suwito Eko Purnomo, M.Pd. (Kaprodi Program Doktor Manajemen Kependidikan. Dan ketiga Promotor, masing-masing Prof. Dr. Samsudi, M.Pd., Dr. Eko Supraptono, M.Pd., dan Prof. Dr. Eng. Yeri Sutopo, M.Pd., MT. 

Saran kepada pengelola SMK agar menerapakan model manajemen TEFA dengan model MTF-5P, melalui POAC pada lima aspek utama atau lima pilar utama TEFA yaitu : Kurikulum, SDM/pengelola, Strategi/Tata Kelola, dan Durasi/waktu Pelaksanaan TEFA, berorientasi Kecakapan Kewirausahaan Siswa (Kerisku), yang meliputi empat aspek : Tanggung Jawab, Kerjasama, Berani Mengambil Resiko dan Kepemimpinan. Menghasilkan output mendorong peningkatkan mutu SMK. 

Seiring dengan menipisnya lapangan kerja. Pelaksanaan TEFA hendaknya tak sebatas memenuhi tuntutan dunia kerja dan industri saja. Dimana hanya memproduk siswa sebagai pekerja (semacam robot) saja. Menghasilkan produk-laku dijual. Ada link and match dengan industri saja. Namun dampak ke siswa dan lulusan  bagaimana kesiapan untuk berwirausaha masih belum siap. Pelaksanaan TEFA hendaknya mulai bergeser, bagaimana pimpinan sekolah mengelola TEFA untuk membentuk siswa cakap dalam pengembangan kewirausahaan. Tak hanya siap bekerja namun juga cakap dalam berwirausaha. 

Suami dari Endang Surani, S.SiT., M.Kes (Dosen FK Unissula Semarang), dan ayah dari Almira Sahda Tsabita Fikhair (SMAIT IF Mungkid), Muhammad Alfatih Sutan Andonesy (SDIT Alkautsar Kendal), Muhammad Azam Taqiyudin Ramadhan (SDIT Alkautsar Kendal). Sehari-hari sebagai guru di SMK Negeri 4 Kendal. Menyelesaikan studi Doktor dengan predikat cumlaude dalam waktu tiga tahun lebih dua bulan dengan IPK 4,00. Selama studi banyak menulis dan melakukan publikasi ilmiah. Menghasilkan 13 buku, delapan diantaranya book chapter (buku antologi pendidikan) dan 18 Artikel Jurnal Internasional baik yang terindeks scopus, shinta maupun artikel nasional. Mendapatkan hibah disertasi dari Sekolah Pasca Sarjana (SPS) UNNES dan hibah Penelitian Disertasi Doktor (PDD) Kemendikbudristek RI tahun 2022.#ES  


Baca juga di :

https://tribunkendal.com/ketua-umum-igvim-raih-gelar-doktor-manajemen-kependidikan-vokasi/

https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/unnes-luluskan-program-doktor-dalam-waktu-3-tahun-dengan-ipk-4-0/

https://bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id/main/2023/11/16/sukses-promosi-doktor-unnes-guru-smkn-4-kendal-raih-gelar-doktor/

https://radarsemarang.jawapos.com/kendal/723293802/ketua-igvim-berhasil-raih-gelar-doktor

https://jateng.kejarfakta.co/pendidikan/45315/edy-siswanto-raih-gelar-doktor-manajemen-kependidikan

www.edy siswanto.com

 


#gurubergelardoktor

#doktorunnes

#doktoredysiswantounnes

 

Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search