-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Sukses Promosi Doktor UNNES, Guru SMKN 4 Kendal Raih Gelar Doktor

- November 22, 2023
advertise here
advertise here

 


Sukses Promosi Doktor UNNES, Guru SMKN 4 Kendal Raih Gelar Doktor

Kendal, – Baru-baru ini SMK Negeri 4 Kendal menerima sebuah anugerah yang istimewa. Guru SMK Negeri 4 Kendal, Edy Siswanto, pada Jumat 14/11/2023) resmi menyandang gelar “Doktor bidang Manajemen Kependidikan” dari Sekolah Pascasarjana (SPS) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Sehingga gelar beliau kini menjadi Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. Tentu, pencapaian yang telah diraih tersebut menjadi kebanggaan sekaligus kebahagiaan bagi seluruh warga sekolah.

“Alhamdulillah, sebagai Promotor saya sangat salut akan kegigihan Dr. Edy Siswanto dalam menyelesaikan studi Doktoral ini. Apalagi jika melihat usaha dan perjuangan beliau dalam menyelesaikan studi S3 nya tidaklah mudah. Kami ucapkan selamat dan sukses untuk Dr. Edy Siswanto menjadi berkah, Keberhasilan ini bukanlah akhir dari segalanya. Namun sebagai langkah awal dalam menapaki dunia baru sebagai seorang akademisi, dengan tetap penuh kesantunan dan kesalehan sosial dan spiritual, sekalipun sudah mencapai gelar tertinggi dalam dunia akademik. Namun tetap rendah hati dan tetap bersemangat dalam menuntut ilmu,” ujar Prof. Dr. Samsudi, M.Pd.


Perjuangan meraih gelar Doktor tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak tantangan yang beliau hadapi selama tiga tahun masa studi S3 di Prodi Manajemen Kependidikan Sekolah Pascasarjana UNNES. Sebagai lulusan dengan masa studi tiga tahun, dua bulan. Dengan IPK sempurna 4,0. Yang membanggakan lagi Edy Siswanto dalam melakukan riset Disertasinya, berhasil mendapatkan dana hibah penelitian dari Sekolah Pascasarjana (SPS UNNES) dan dana hibah Program Disertasi Doktor (PDD) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbudristek RI, sebuah capaian luar biasa dan tidaklah mudah. Patut disyukuri apalagi seorang dengan profesi guru SMK, bisa mencapai gelar derajat Doktor pertama dan satu-satunya di Kabupaten Kendal, untuk profesi sebagai guru SMK.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, Dr. Edy Siswanto tercatat menjadi mahasiswa S3 UNNES pada tahun 2020. Selain menyelesaikan perkuliahan, iapun harus menyusun disertasi sebagai syarat kelulusan. Berbagai upaya dan pengorbanan dikerahkan demi selesainya disertasi. Memang betul, hasil tak pernah mengkhianati usaha. Selain berhasil menyelesaikan penelitiannya, Edy juga berhasil menerbitkan karyanya di sebuah jurnal ilmiah Internasional terindeks Scopus. Luar biasa, tentu ini adalah sebuah prestasi yang tidak semua orang bisa melakukannya. Selain aktif diberbagai organisasi profesi guru, sebagai Ketua MGMP Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Kabupaten Kendal, beliau juga sebagai Ketua Umum Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia-Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PPVI-IGVIM).


Sebelum mengikuti sidang terbuka promosi Doktor, Edy terlebih dahulu menempuh tiga kali kegiatan paparan disertasi yakni Focus Grup Discussion (FGD) dengan para ahli, praktisi dan pakar Pendidikan Vokasi. Ujian draf dan ujian tertutup yang diselenggarakan bersama para penguji dan juga promotor.

Mereka para penguji adalah : Direktur SPS UNNES Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. Prof. Dr. Wasino, M.Hum, selaku Wadir I, sekaligus sebagai sekretaris penguji. Dr. Ir. I Made Sudana, M.Pd. (Penguji I/Penguji dari luar), Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd., sebagai Penguji II. Prof. Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd., sebagai Penguji III, sekaligus sebagai Kaprodi S3 Manajemen Kependidikan UNNES. Prof. Dr. Eng. Yeri Sutopo, MT., M.Pd. (Penguji IV, sekaligus anggota promotor), Dr. Eko Supraptono, M.Pd., sebagai Penguji V, sekaligus sebagai Co-Promotor. Prof. Dr. Samsudi, M.Pd. (Penguji VI, sekaligus sebagai Promotor).


Puncaknya, pada 14 Nopember 2023, pukul 10.00 WIB, disertasinya yang berjudul “Model Manajemen Teaching Factory (TEFA) Berorientasi Kecakapan Kewirusahaan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)” dipresentasikan di hadapan panitia sidang terbuka ujian promosi Doktor Manajemen Pendididkan UNNES dihadapan para penguji.

Bertempat di Gedung G ruang 101 Kampus Sekolah Pascasarjana UNNES, Bendan Ngisor  Semarang. Selama 15 menit Edy Siswanto memaparkan karyanya dengan baik. Setelah itu, satu persatu 6 penguji memberikan pertanyaan maupun sanggahan masing-masing selama 10 menit. Seluruh pertanyaan dijawab dengan lancar dan baik sehingga mengundang apresiasi yang baik pula dari para penguji. Hingga pada akhirnya, Edy Siswanto dinyatakan lulus cumlaude dengan nilai disertasi A dan IPK 4,0 masa studi 3 tahun 2 bulan.

Sedikitnya 13 buku, 8 diantara book chapter dan 18 karya artikel, jurnal ilmiah dan proceeding seminar nasional dan internasional selama 3 tahun  terakhir kuliah, termasuk jurnal terindeks Scopus dihasilkan guru SMK Negeri 4 Kendal alumni S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Ivet Semarang (UNISVET) dan S2 Manajemen Pendidikan UNNES Semarang.

Ucapan selamat datang dari Direktur Sekolah Pascasarjana UNNES, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. “Selamat dan sukses kepada saudara Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. yang hari ini telah resmi menyandang gelar ke-355 dari Prodi Manajemen Kependidikan, S3. Semoga keilmuan yang didapatkan bisa memberikan sumbangsih yang nyata terutama bagi kemajuan pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.


Ucapan selamat juga datang dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi jawa Tengah, Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd., dengan mengirimkan video ucapan selamat dan suskes. Semoga ilmunya akan memberikan kemanfaatan Pendidikan di Jawa Tengah.  Ucapan selamat dan sukses juga datang dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII, lewat Karangan Bunga. “Selamat untuk pak Edy Siswanto atas keberhasilan yang telah diraih ini. Selamat ya pak Doktor Edy Siswanto atas sukses studinya. Semoga bermanfaat ilmunya buat dunia Pendidikan SMK. Selain bertambah ilmunya, tanggungjawab kualitas diri dan sosial skillnya harus tetap ditingkatkan.

Suasana haru dan bahagia menyelimuti ruangan setelah sidang berakhir. Para penguji, keluarga dan rekan kerja bergantian memberikan ucapan selamat dan berfoto bersama beliau. “Terima kasih setinggi-tingginya kami ucapkan kepada seluruh pihak yang telah memberikan doa, dukungan kepada saya sehingga saya bisa sampai di titik ini. Semoga menjadi keberkahan bagi kita semua,” pungkasnya bahagia.

 


Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search