Thursday, May 28, 2020

MENGENAL PORTAL KBM DARING JAGARATU KENTANG KALONG

MENGENAL PORTAL KBM DARING JAGARATU KENTANG KALONG
(Panduan Awal Jagaratu bagi Pemula)

Jagaratu Chanel : https://www.youtube.com/channel/UCj1GmFUMIGpS-Y63PzdiZzw

Jagaratu.kentangkalong.id dengan jagadaring merupakan pengembangan learning manajemen sistem (LMS) menuju ke school manajamenen sistem (SMS). Platform pembelajaran daring model jagaratu.kentangkalong.id ini merupakan yang pertama. Sebagai salah satu solusi. Jalan keluar mengatasi dan melayani sekolah dan siswa yang kesulitan mendapatkan layanan pemeblajaran daring. terutama pada saat era pandemi Covid-19 dimana semua bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah (LFH) untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Portal yang digawangi oleh tim yang dibentuk Cabang Dinas (Cabdin) Wilayah V dan XIII. Setiap saat siap menerima keluhan, pertanyayn dan konsultasi. Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai pemanfaatan fungsi tiap akses kerja Jagaratu insyallah team siap membantu : bisa menghubungi Budi Susilo (admin TU dan Waka). Dimas (guru dan siswa). Kharis (guru dan siswa). Bakhtiar (guru dan siswa).

Disilahkan. apabila sekolah menghendaki, termasuk sosialisasi maupun bintek Jagaratu. Monggo kepada sekolah yang merasa kesulitan. Jika ingin melakukan  diskusi dengan Tim Jagaratu, bisa di SMA Negeri 1 Kendal. Atau kontak ke tim Jagaratu. Jika menginginkan untuk video conference bisa di buatkan jadwalnya.

Harapannya sekolah bisa memanfaatkan portal ini dengan maksimal, Aplikasi ini memberikan yang terbaik untuk sekolah terutama di SMA/SMK di wilayah Cabdin V dan XIII.

Terkait dengan pembelajaran daring/online Jagaratu yang disediakan, kami sampaikan beberpa hal. Banyak apresiasi dan ucapan terimakasih atas sambutan dan animo atau minat terhadap Kegiatan Belajar Mengajar KBM dengan daring/online. Jumlah sekolah yang sudah aktif  mendapatkan username dan password sebanyak 44 sekolah. Yang masih dalam antrian pembuatan username & password sebanyak 30 sekolah. Total sekolah pengguna KBM daring jagaratu, sampai dengan Hari Rabu, 15 April 2020 sebanyak 74 sekolah. beberapa link untuk mendukung, mempermudah mempelajari jagaratu kentangkalong.id adalah sebagai berikut :

Pertama, bagi sekolah yang belum mendapatkan akun bisa mendaftar di link pendaftaran pada https://bit.ly/JAGARATU2020. Contoh pembuatan akun untuk template guru di kolom email : bahwa format username guru adalah : Guru PNS : NIP@namasekolah.sch.id Guru Non PNS : NIK@namasekolah.sch.id Misal : 196805291994011009@sman1kasultanan.sch.id 3224132905780001@sman1kasultanan.sch.id.

Untuk upload user baik siswa ataupun guru agar menghilangkan penulisan pada NAMA user yang menggunakan tanda petik/ ' sebelum mengupload excel ke aplikasi.
dan gunakanlah format excel 97-2003 workbook.

Kedua, bagi sekolah yang sudah mendapatkan akun guru masing-masing bisa belajar dan mempertajam di link tutorial versi video - jagaratu.kentangkalong.id. bisa dilihat di : https://www.youtube.com/channel/UCj1GmFUMIGpS-Y63PzdiZzw

Beberapa alamat untuk mendukung pemakaian akun Jagaratu bisa dipelajari di link sebagai berikut : Tutorial Jagaratu Versi PDf https://drive.google.com/file/d/12eE_a3mEa0jC7PZlvbxsyGhhU4My_bkC/view?usp=sharing. Untuk membuat mendukung dalam pembelajaran daring. Link jagaratu membuat modul pembelajaran siswa di : https://youtu.be/RzFRJuk0H3A. Link jagaratu guru menyematkan link video youtube anda ke bahan ajar di : https://youtu.be/OwVnwg7W-Tk.

Untuk link Jagaratu guru menyematkan form google pada menu memberikan modul dan tugas https://youtu.be/IbT2odRooI8. Link Jagaratu guru membuat ujian online untuk siswa https://youtu.be/rDxuUUQbrfE. Link Jagaratu siswa mengikuti ujian online
https://youtu.be/okCohnh3v6E. Link Jagaratu siswa memperkecil/compress ukuran file upload tugas https://youtu.be/CNoWL1OwtYg. Link Jagaratu cara siswa mengikuti ujian online https://youtu.be/okCohnh3v6E

Dengan android, siswa bisa berkomunikasi dengan ruang daring belajar interaktif (guru dan siswa lainnya) melalui fasilitas Chatt. Kepada guru-guru untuk segera menggunakan fasilitasnya.
Untuk menu tugas daring bagi guru jangan membuat soal dengan android tapi menggunakan PC atau laptop masing-masing. Disarankan untuk guru mebuat materi ajar memakai browser mozila firox.

Dalam penggunaan menu di Jagaratu, ada beberapa keunggulan dan kelebihan jika memakai laptop/PC diantaranya, guru bisa leluasa membuat/menyiapkan bahan. Mudah dalam koreksi, bisa terlihat lebih lebar. Pakai HP terbatas, layar kecil. Intinya jika memakai hp kurang efektif.

Untuk akun siswa bisa mengupload tugas langsung lewat hp masing-masing. Lewat foto camera atau file yang ada di hp.

Sementara itu yang baru saya ketehaui dari Jagaratu. Jika ada info dan perkembangan akan diberitahukan kemudian. Sukses selalu..


No comments:

Post a Comment

SUSUNAN PENGURUS PUSAT (PP PPVI-IGVIM) PERIODE TAHUN 2021-2026 PERUBAHAN I

SURAT KEPUTUSAN RESMI (SK PP PPVI-IGVIM) PERIODE  TAHUN 2021-2026 PERUBAHAN I SILAHKAN DOWNLOAD DISINI : SURAT KEPUTUSAN KETUA UMUM PENGURU...