Wednesday, June 2, 2021

SAMBUTAN LAUNCHING BUKU BAHASA PERANCIS SMK PENERBIT PT ERLANGGA

 

Pengurus Pusat Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia
Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PP IGVIM)

SAMBUTAN LAUNCHING BUKU BAHASA PERANCIS SMK

PENERBIT PT ERLANGGA

https://youtu.be/ULC80FU9SXg


 Assalamu’alaikum Wr, Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,

Alhamdulilahirobbil‘alamiin, Wabihii Nasta’inuu ‘alaa Umuriddunya Waddiin. Wa”alaa alihii Washochbihi ajma’iin, Amma ba’du.

 

Yang kami hormati,

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud

Direktur SMK Kemendikbud, atau yang mewakilinya

Mr Oliver Chambard (Dubes Perancis untuk RI)

Mr. Philippe Grange (Atase kerja bahasa Perancis),

Bapak Raja Hutauruk (Direktur Utama Penerbit Erlangga, beserta Jajarannya

Mr David Gunawan, coorpotrate manajer Penerbit PT Erlangga

Bapak-bapak dan Ibu-ibu hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Marilah kita tak henti-hentinya memanjatkan puji syukur ke hadirat Illahi Robby, atas rahmat dan hidayah-Nya yang telah memberikan kepada kita semua, sehingga pada siang hari yang berbahagia ini kita masih bisa diberi kenikmatan, kesehatan, bisa hadir, bertemu bersilaturahmi, khususnya dalam acara grand launching buku Bahasa Perancis untuk SMK dari Penerbit Erlangga.

Pada kesempatan istimewa ini, masih di bulan Syawal, saya atas nama pribadi dan Pengurus Pusat Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia-Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PP IGVIM), merasa mendapat kehormatan dan senang sekali berada ditengah bapak ibu semua, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada hadirin, yang dengan penuh keikhlasan sudi meluangkan waktu dalam acara grand launching buku Bahasa Perancis untuk SMK dari Penerit kenamaan PT Erlangga.

Izinkan kami menghaturkan selamat Iedul Fitri, Taqobaalallahu Minna Wa Minkum, mohon dimaafkan atas semua kesalahan dan khilaf lahir batin. Semoga kita kembali disucikan dengan hati, pikiran, ucapan, dan perbuatan dalam perilaku sehari–hari maupun dalam saat menjalankan tugas. Tak lupa shalawat serta salam kita curahkan kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya.

Hadirin yang saya hormati. Hari ini saya memberi sambutan dengan judul "Budaya Literasi dan Masa Depan Vokasi Indonesia".

Central Connecticut State University (CCSU) merilis peringkat literasi dunia pada Maret 2016. Pemeringkatan ini dibuat berdasar 5 indikator, yaitu (1) kesehatan literasi negara, (2) pendidikan, (3) perpustakaan, (4) surat kabar, dan (5) ketersediaan komputer. Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara. Indonesia masih unggul dari negara Bostwana yang berada di peringkat akhir. Sedangkan negara yang menempati peringkat pertama adalah Finlandia, kedua Norwegia, dan ketiga Islandia.

Tahun 2019 meningkat, Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019.“Tingkat literasi Indonesia pada penelitian di 70 negara itu berada di nomor 62,” Tentunya hal ini sangat memprihatinkan bukan?

Hadirin yang berbahagia. Berdirinya saya di sini ingin mengajak para hadirin untuk memupuk minat membaca dan membudayakan literasi, terutama bagi siswa, guru di sekolah vokasi SMK.

Kita semua tahu, buku merupakan jendela dunia, buku juga merupakan jembatan ilmu. Dengan membaca kita dapat menambah informasi dan pengetahuan yang belum kita ketahui sebelumnya. Dengan membaca kita dapat menambah kosakata-kosakata baru, yang dapat kita digunakan saat berkomunikasi dengan orang lain. Ada dua cara agar budaya literasi dapat tumbuh pada diri kita dan lingkungan kita, terutama di sekolah vokasi SMK.

Cara pertama dibagi menjadi tiga tahap, yaitu, Pertama, hal yang dilakukan adalah membeli beberapa buku yang anda suka, seperti novel, buku pengetahuan, buku biografi, dan sebagainya. Kedua, buatlah perpustakaan mini atau susunlah rak kecil lalu isi dengan beberapa buku. Hal ini dapat menarik perhatian anak-anak anda, atau keluarga anda, agar tidak selalu bermain gawai dan memiliki hobi membaca.

Ketiga, buatlah diri anda senyaman mungkin saat membaca. Mulailah biasakan membaca dua sampai tiga lembar per harinya.

Cara kedua saya buat dari kepanjangan kata "literasi". Li : Lihat, cari, dan beli buku yang anda suka. Te : Terapkan budaya membaca dari buku atau informasi dari gawai anda. Baca informasi yang didapat dengan teliti dan saksama, lalu kaji kembali informasi tersebut agar tidak termakan hoaks. Ra : Ramaikan suasana keluarga dengan membaca buku, sejenak lupakanlah bermain gawai. Si: Siapapun akan merasakan manfaatnya.

Itulah dua cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan minat membaca bagi diri kita dan lingkungan kita. Utamanya dunia SMK.

Hadirin yang berbahagia. Berdasarkan apa yang telah saya sampaikan, dapat disimpulkan bahwa membaca penting bagi masa depan kita semua. Mulailah membaca dari buku atau buku elektronik atau informasi dari gawai anda. Lalu mulailah budayakan literasi dari diri kita sendiri.

Karenanya hadirnya acara ini, mengingkatkan kita akan pentingnya budaya literasi, dan makna strategis akan Hubungan diplomatik antara RI-Prancis sudah berlangsung 70 tahun. Disamping Bahasa Prancis merupakan Bahasa resmi dalam hubungan Internasional. Institut Francais Indonesia (IFI) telah terus menjadi motor pembelajaran Bahasa Prancis di Indonesia. Bahasa Prancis perlu dipelajari karena akan membuka wawasan dunia. Prancis merupakan pusat tourisme, mode dan industry hospitality dunia. Pelajar SMK terutama dari jurusan pariwisata, perhotelan, tata boka perlu belajar bahasa Prancis untuk mendapatkan wawasan yang utuh dan luas tentang bidang pariwisata.

Penerbit Erlangga terus berkomitmen menerbitkan buku-buku unggul termasuk untuk referensi dan panduan belajar untuk bahasa asing, termasuk bahasa Prancis. Buku ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk belajar bahasa Prancis. Buku ini akan membantu siswa dalam membuka pergaulan global. Buku ini akan membantu siswa untuk menjadi tenaga-tenaga unggul dan professional di dunia pariwisata.

Harapannya ketika pandemi berakhir, akan pulih Kembali kunjungan tourist kedua negara. Anda-anda akan disambut dengan sapaan manis putra-putri Indonesia.

Sekali lagi kami sampaikan terima kasih atas kebersamaan ini, semoga akan terus berlanjut dimasa dan agenda yang akan datang. Semoga Allah SWT, tuhan Yang Maha Esa, memberikan kita kesehatan, keselamatan. Jika ada kekurangan atau kesalahan mohon dimaafkan. Wabillahitaufiq Walhidayah. Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

 Wassalamu’alaikum Wr, Wb

 

Jakarta, 2 Juni 2021


Ketua Umum,

Edy Siswanto

  https://youtu.be/ULC80FU9SXg


 




No comments:

Post a Comment

SUSUNAN PENGURUS PUSAT (PP PPVI-IGVIM) PERIODE TAHUN 2021-2026 PERUBAHAN I

SURAT KEPUTUSAN RESMI (SK PP PPVI-IGVIM) PERIODE  TAHUN 2021-2026 PERUBAHAN I SILAHKAN DOWNLOAD DISINI : SURAT KEPUTUSAN KETUA UMUM PENGURU...