-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Sucikan Hati Majukan Vokasi, Sambutan Halal Bi Halal IEDUL FITRI 1442 H/2021 M

- June 02, 2021
advertise here
advertise here

 



SAMBUTAN KETUM DALAM HALAL BI HALAL TAHUN 2021/1442 H

Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia-Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PP IGVIM)      

Dengan silaturahmi, kita jalin kemitraan strategis untuk mewujudkan pendidikan vokasi maju, 

                                   IGVIM For Indonesia Maju. Sucikan Hati Majukan Vokasi.                                                                                                               

Assalamu’alaikum Wr, Wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,

Alhamdulilahirobbil‘alamiin, wabihii nasta’inuu ‘alaa umuriddunya waddiin. Wa”alaa alihii washochbihi ajma’iin, amma ba’du.

 

Yang kami hormati,

Dewan Penasihat dan Dewan Pakar PP IGVIM. Bapak-bapak dan Ibu-ibu pengurus wilayah dan daerah PW dan PD IGVIM seluruh Indonesia. Hadirin dan hadirat yang berbahagia, Pengurus Pusat, Ketua IGVIM Wilayah seluruh Indonesia, Banten, Jateng, Kaltim, NTT, Kalsel, Sulsel,, Bali, Mitra Industri IGVIM, Bapak/Ibu undangan yang berbahagia.

Marilah kita tak henti-hentinya memanjatkan puji syukur ke hadirat Illahi Robby, atas rahmat dan hidayah-Nya yang telah diberikan kepada kita semua, sehinggga pada siang hari yang berbahagia ini kita masih bisa diberi kenikmatan, Kesehatan, bisa hadir disini dapat bertemu bersilaturahmi, khususnya dalam acara halal bihalal, dalam rangka silatiahmi Halal Bihalal setelah sebulan penuh kita berpusas.

Pada kesempatan istimewa ini, masih dalam bulan Syawal, saya atas nama pribadi dan pengurus Pusat IGVIM, pada acara Halal Bihalal PP IGVIM ini, sudah sepantasnya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada hadirin, yang dengan penuh keikhlasan telah sudi meluangkan waktu untuk menghadiri acara Halal bihalal ini, dengan penuh kesadaran, menghadiri undangan yang telah kami sebarkan. Izinkan kami mengahaturkan selamat Iedul Fitri , Taqobaalallahu minna wa minkum, mohon dimaafkan atas semua kesalahan dan khilaf lahir batin. Semoga kita kembali disucikan dengan hati, pikiran, ucapan, dan perbuatan dalam perlilaku sehari–hari maupun dalam menjalankan tugas.

Sebagai umat Islam sudah selayaknya kita berlapang dada, khususnya terhadap sesama muslim dan muslimah, yang sudah barang tentu dalam kehidupan sehari-hari melakukan hal-hal yang membuat kita khilaf, rasa salah dan rasa berdosa.

Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini kami mengajak hadirin dan hadirat, untuk melapangkan dada, membuka hati dan fikiran dengan rasa sabar dan penuh keikhlasan, atas ridla Allah meminta dan memberi maaf atas kesalahan di antara kita semua, baik yang disengaja maupun yang idak disengaja.

Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, acara akan diisi oleh siraman rohani dengan tema "Hikmah Halal Bihalal, Sucikan hati Majukan Vokasi" yang akan disampaikan oleh Bpk Ustad Nurjaman, S.Pd. dari PD IGVIM Balikpapan.

 Para hadirin yang kami hormati,

Pertama-tama kami menghaturkan selamat datang kepada seluruh hadiriin, dan secara khusus selamat datang kepada Dewan Penasihat dan Dewan Pakar, di rumahnya para Guru Vokasi, dengan moda daring karena situasi yang belum memungkin bertatap muka. Kami dengan senang hati menyambut hangat teman-teman semua, tentu tidak hanya ketika kami undang, tetapi kapan saja karena ini rumahnya para Guru vokasi Indonesia.

Pengurus Pusat IGVIM menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas jalinan kerjasama ini, kepedulian dalam membuat gebrakan terhadap isu penting dan mendekatkan link n supermatch SMK dengan IDUKA. Selamat kepada semua pihak yang berkontribusi aktif dalam pengembangan bersama kemajuan IGVIM.

Para hadirin yang berbahagia,

IGVIM yang lahir dari ata keprihatinan belum link matchnya SMK dengan IDUKA, masih banyaknya guru SMK yang belum terupgrade kemampuan kompetensi profesionalnya dan adanya gap peralatan lab SMK dengan IDUKA, maupun kemampuan teknis penguasaan IT. Untuk itu perjuangan IGVIM dari waktu ke waktu selalu ditujukan dalam konteks bukan semata-mata memperjuangkan kepentingan para guru voaksi saja, tetapi kepentingan nasional yang menjadi acuan utama jalannya roda Pendidikan vokasi Indonesia. Untuk itu, dalam momen ini, berbagai persoalan pendidikan vokasi dan guru-guru vokasi kami telaah.

Demikian juga pengurus di berbagai tingkatan yang sudah terbentuk kami terus satukan untuk berhidmat meningkatkan kapasitas diri dalam beorganisasi. IGVIM bekerja sama dengan berbagai pihak mendorong guru vokasi meningkatkan kompetensinya sebagai usaha-usaha dan komitmen kami membangun pendidikan vokasi nasional yang bermutu.

Kami percaya, bahwa berbagai persoalan guru vokasi yang kami himpun dari daerah termasuk permasalahan belum link matchnya SMK dengan IDUKA dapat diselesaikan, juga dibantu dikomunikasikan dengan pihak-pihak terkat karena kami tahu persoalan ini bukan semata-mata persoalan Kemdikbud.

Problem kenaikan pangkat dan masih rendahnya kemampuan profesional guru SMK yang senantiasa mengandung masalah dari tahun ke tahun adalah Menjadi PR bersama. Kami yakin melalui dialog-dialog, silaturahmi, dan memperkuat kemitraan, pendidikan vokasi nasional, akan menjadi semakin baik. IGVIM akan terus memberikan dukungan terciptanya pendidikan vokasi yang bermutu melalui peran kami sebagai organisasi profesi guru vokasi.

Para hadirin yang kami hormati,

Sebelum menutup sambutan ini, perlu kami sampaikan, bahwa IGVIM sebagai organisasi profesi guru memiliki perangkat organisasi di semua tingkatan dengan SDM nya yang lengkap. Kami memiliki Dewan Pakar/Dewan Penasihat seperti yang hadir siang ini, kami memiliki Dewan Kehormatan Guru Vokasi Indonesia. Kami tidak pernah tidak serius memikirkan nasib bangsa ini utamanya melalui guru vokasi.

Karena itu, kami memyambut baik program pelibatan publik dan kami siap membantu kemajuan Pendidikan vokasi dalam mengakselerasi inpres 9 tahun 2016, karena kami yakin masalah pendidikan vokasi adalah masalah bersama. Para pendiri IGVIM sejak awal menetapkan IGVIM sebagai mitra kritis dan strategis pemerintah. Sekali lagi kami percaya melalui dialog-dialog, pertemuan, dan diskusi merupakan sarana efektif untuk mencapai tujuan bersama yakni memajukan pendidikan vokasi nasional dan mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai amanat konstitusi.

Kepada semua fihak, Dewan Penasihat, Dewan pakar semua pengurus pusat, wilayah dan daerah bersama keluarganya, dan semua hadirin kami haturkan terima kasih atas kebersamaan, dukungan moral material yang selalu membuat IGVIM menjadi besar dan Menjadi milik bersama. Pada kesempatan yang baik ini kami juga menghaturkan terima kasih kepada berbagai fihak, kepada otorita Kemendikbud dan jajarannya, pengurus IGVIM Provinsi, para anggota yang bahu-membahu selalu mengadakan acara-acara untuk membranding IGVIM, hingga cukup dikenal di tengah masyarakat.

Kami mohon Dewan Penasihat dan Dewan Pakar untuk memberikan sambutan dan pencerahannya. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan Bapak untk hadir dan memberikan ceramah pada majlis yang mulia ini. Selaku pribadi dan selaku Ketua Umum, dalam kesempatan ini pula kami mohon maaf kepada hadirin jika ada sesuatu selama ini yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian.

Sekali lagi kami sampaikan permohonan maaf lahir batin. Semoga Allah SWT, tuhan Yang Maha Esa, memberikan kita kesehatan, keselamatan, dan dapat berjumpa kembali pada Iedul Fitri mendatang.

Wassalamu’alaikum Wr, Wb

Jakarta, 2 Juni 2021


Ketua Umum

Edy Siswanto



Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search