Friday, March 18, 2022

SAMBUTAN KETUA UMUM DALAM DIES NATALIS 1 PPVI-IGVIM KURIKULUM MERDEKA DAN MERDEKA BELAJAR SMK "SOLIDITAS DAN PENGUATAN ORGANISASI"

SAMBUTAN KETUA UMUM DALAM DIES NATALIS 1 PPVI-IGVIM KURIKULUM MERDEKA DAN MERDEKA BELAJAR SMK", DALAM RANGKA DIES NATALIS 1 PPVI-IGVIM, "MENGOKOHKAN SOLIDITAS DAN PENGUATAN ORGANISASI". (Refleksi 1 Tahun PPVI-IGVIM)



Assalamualaikum Warahmatulaahi Wabarrokatuh..

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadhirat Allah SWT, yang telah memberikan limpahan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat memperingati Dies Natalis 1 PPVI-IGVIM. Berbagai capaian dan giat vokasi yang diraih oleh Pengurus dan anggota sebagai organisasi selama setahun ini sebagai organisasi mandiri dan independen tanpa bantuan pemerintah telah dilakukan. Nama PPVI-IGVIM dikenal dan diperhitungkan keberadaannya dirindukan masyarakat baik, di tingkat regional maupun nasional. Oleh karena itu, kita patut bersyukur atas limpahan karunia ini serta tentunya ucapan terima kasih bagi seluruh pengurus dan anggota PPVI-IGVIM yang telah berkontribusi dalam mencapai prestasi sekarang ini.

Hari ini tepat tanggal 18 Maret 2022, seminggu yang lalu tepat satu tahun usia PPVI-IGVIM, sebagai bayi yang baru lahir baru setahun usianya, rasanya sedang mulai belajar berdiri tertati-tatih.  Banyak pengalaman bisa diambil suka duka dan dinamika mengiringi gerak langkah dan laju organisasi yang berdiri dengan pergolakan cukup tajam.

Alhamdulillah seiring keluarnya legalitas Badan Hukum dengan Surat Keputusan (SK) Kemenkumham Nomor : AHU-0001868.AH.01.07. Tahun 2021. Akte Notaris Bandung, Surjadi Jasin, SH, No. 03 Tanggal 18 Januari 2021, dengan nama Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia. Yang selanjutnya disebut dengan nama Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PPVI-IGVIM).

Dengan Kehadiran PPVI-IGVIM sungguh telah mendapat sambutan luar biasa. Pembentukannya telah lama dinantikan oleh semua pihak terutama para vokasiawan. Sebagaian beranggapan PPVI-IGVIM  berpotensi menjadi organisasi yang besar. Bukan untuk menyaingi siapa-siapa. Sehingga kekhawatiran PPVI-IGVIM akan menjadi tandingan dan ancaman organisasi lain, adalah mengada-ada dan tak berdasar sama sekali. Kepada semua organisasi profesi guru (orprof) kita akan tetap berkolaborasi dengan semua pihak.

PPVI-lGVIM keberadaannya sangat dinanti, mengurusi bidang vokasi, mendapat sambutan diluar ekspektasi. Dunia vokasi jauh berbeda dengan dunia pendidikan pada umumnya. Diperlukan sinergitas dan kemitraan kolaboratif berbagai pihak utamanya dengan IDUKA. Marilah berfikir lebih dewasa, untuk ikut mengembangkan dan memajukan potensi bangsa lewat vokasi kuat, menguatkan Indonesia. IGVIM For Indonesia Maju. Kita bangun sinergitas dan kolaboratif strategis antar orprof guru yang mesra. Untuk kemajuan pendidikan di Indonesia utamanya pendidikan vokasi. Kami menganggap siapapun orprof yang lain adalah mitra, dalam memajukan pendidikan, utamanya pendidikan vokasi di negeri tercinta Indonesia

Dies Natalis ini mengambil Tema : "Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar SMK", dalam Rangka Dies Natalis 1 PPVI-IGVIM, "Mengokohkan Soliditas dan Penguatan Organisasi". Tema ini diambil untuk memperteguh komitmen PPVI-IGVIM sebagai salah orprof guru vokasi di Indonesia yang mempunyai peran strategis dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan nasional dengan mengakselerasi kemajuan Pendidikan vokasi. PPVI-IGVIM senantiasa berupaya bersinergis berbagai kalangan dan elemen masyarakat selama masa pandemi ini.  Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam meningkatkan kompetensi pendidik maupun peserta didik.

Peringatan Dies Natalis yang dikemas dalam Webinar Nasional ini diperingati dgn prinsip kesederhanaan dan kepedulian karena masih dalam keprihatinan pandemi Covid-19 yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan Dies Natalis ini diharapkan dapat kembali menggerakkan seluruh komponen PP, PW, PD dan anggota seluruh Indonesia menuju  “Kurikulum MERDEKA dan Merdeka BELAJAR SMK”. Dengan "Mengokohkan Soliditas dan Penguatan Organisasi", yang bermutu dan bermartabat dan professional.

"Jalan2 ke Kota Batu, Jangan lupa beli beras. Bila ingin IGVIM bermutu, Kita mesti bekerja keras".

Bpk/Ibu Pengurus PPVI-IGVIM dan undangan lainnya yang saya hormati. Dalam Dies Natalis ke 1 ini, IGVIM sudah banyak acara selama setahun dilaksnakan dari seminar, webinar, pertemuan luring terbatas, MOU, audiensi, dan maupun perekrutan Tamatan/lulusan SMK. Dengan berbagaistake holder dan mitra.

Bpk/Ibu Pengurus anggota dan tamu undangan, KITA MESTI KERJA KERAS, tidak ada seorangpun yang mencapai kesuksesannya tanpa kerja keras. Perubahan tidak akan pernah ada tanpa ada kemauan, keberanian, dan  kerja  keras.  Penentu  kesuksesan  bukan  hanya  kecerdasan  tetapi  juga  kerja keras. Kesuksesan itu bukan ditunggu tetapi diwujudkan lewat usaha dan kegigihan. Kita tidak akan pernah sukses jika kita tidak pernah memulai.

Sukses itu ketika kita berani menerima tantangan dan berani menghadapi masalah. Jangan menunggu waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu, karena waktu tidak pernah tepat  bagi  mereka  yang  menunggu.  Berikan  sesuatu  yang  terbaik untuk  organsiasi ini, maka kita akan mendaptkan yang terbaik juga. Masa depan PPVI-IGVIM dibentuk oleh apa yang kita lakukan hari ini, bukan besok atau lusa. Capaian yang diraih bukan suatu kebetulan tetapi melalui kerja keras. Oleh karrna itu, sebagai Ketua Umum saya memohon : Mari kita bekerja keras, bertindak, melakukan apa yang  bisa kita lakukan, lakukan yang terbaik  dalam  setiap  kesempatan  yang  kita  miliki.  Tidak  ada  rahasia  untuk  sukses. Sukses hanyalah hasil dari persiapan, ketekunan, keuletan, kesabaran, kerja keras dan selalu  belajar  dari  kegagalan, dan sebuah  hasil  tidak  akan  pernah  menghianati prosesnya.

Para Pendiri  sudah menanam  pohon,  bila pohon  itu tidak  dipelihara dengan  baik  maka akan terjadi dua kemungkinan : kemungkinan pertama mati dan kemungkinan kedua hidup menjadi  liar  tidak  terawat. Bila  dipelihara  dengan  baik akan  terjadi  dua kemungkinan,   yaitu :   kemungkinan  pertama   hidup   dan  stagnasi mengingat pemeliharanya   tidak maksimal   karena   banyak   urusan   sampingan/nyambi,   dan kemungkinan  kedua  hidup  subur  berdiri  kokoh,  berkembang,  berbuah  manis dinikmati  dirasakan  oleh  masyarakat,  pohon  itu  menjadi rimbun karena dipelihara dengan sepenuh hati, berproses mengacu pada aturan yang ada maka kita akan memetik buah dari pohon yang ditanam oleh para pendiri itu.

Dari analogi tersebut bahwa PPVI-IGVIM akan menjadi berkembang, menjadi besar bila mau bekerja   keras,   berani   memulai,   berani   menerima   tantangan,   dan   berani menghadapi masalah, punya komitmen bertanggung jawab yang berdasar platform organisasi dengan mengedepankan empat kecerdasan  :  cerdas  spiritual,  intelektual,  emosional,  dan cerdas  sosial.  Dengan demikian pohon yang ditanam itu berbuah manis  bisa kita rasakan dan tidak saja  dinikmati  oleh  anggota PPVI-IGVIM, namun juga oleh seluruh masyarakat.

Harimau  mati meninggalkan belangnya, gajah mati meninggalkan gadingnya. Untuk mendapatkan hal itu kita perlu bekerja keras, cerdas, tuntas dan ikhlas. Bersatu padu saling asah asih asuh, tanpa ada grundelan dalam hati, yang lalu dan yang sudah biarlah berlalu mari tetap masa depan yang cerah. Hilangkan sekat pribadi, bekerja dengan profesional, move on dan jangan bawa perasaan alias Baper-an.

Buah delima buah markisa = Bersama kita pasti bisa.

Karenanya atas ijin doa restu dan peran serta dukungan semuanya, acara Webinar Nasional "Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar SMK", dalam Rangka Dies Natalis 1 PPVI-IGVIM, "Mengokohkan Soliditas dan Penguatan Organisasi". Hari Jumat, 18 Maret 2022, pukul 13.30, dengan resmi dinyatakan dibuka. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatulaahi Wabarrokatuh..

Kendal, 18 Maret 2022

Ketua Umum PPVI-IGVIM

Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd.




No comments:

Post a Comment

SUSUNAN PENGURUS PUSAT (PP PPVI-IGVIM) PERIODE TAHUN 2021-2026 PERUBAHAN I

SURAT KEPUTUSAN RESMI (SK PP PPVI-IGVIM) PERIODE  TAHUN 2021-2026 PERUBAHAN I SILAHKAN DOWLOAD DISINI : SURAT KEPUTUSAN KETUA UMUM PENGURUS...