-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Transformasi Pengawas Sekolah

- April 25, 2023
advertise here
advertise here



Transformasi Pengawas Sekolah

Oleh : Edy Siswanto

Bagaimana transformasi Pengawas Sekolah, khususnya SMK seiring dengan diberlakukannya kurikukum merdeka? Dalam sebuah acara pembekalan asesor uji kompetensi pengawas dan review peran pengawas dalam pembelajaran implementasi kurikulum merdeka. Beberapa hal dapat disampaikan:

1. Diperkirakan sampai tahun 2024, akan terjadi kekosongan Pengawas dan Kepala Sekolah sebanyak 18.000 formasi.

2. April 2023 mulai berlangsung Uji Kompetensi naik jenjang pengawas madya ke pengawas utama.

3. Selain itu, akan juga berlangsung uji kompetensi alih jabatan fungsional guru (guru penggerak) ke jabatan fungsional pengawas. Sertifikat kelulusan hasil uji kompetensi dijadikan salah satu dasar alih status dari guru menjadi pengawas.

4. Regulasi terkait pengawas di Kemendikbudristek sudah disiapkan menunggu Permenpan RB tentang Jabatan Fungsional terbit terlebih dahulu.

5. Pengisian jabatan fungsional pengawas sekolah hanya untuk mereka yang memiliki sertifikat guru penggerak.

6. Pada aturan baru, mekanisme alih status guru penggerak menjadi pengawas pada golongan ruang minimal III/B. Namun, menunggu regulasi itu diberlakukan, sementara masih mensyaratkan minimal golongan ruang III/C.

7.  Sudah terbit Perpres pengisian formasi pengawas dari ASN PPPK.

8. Perihal Implementasi Kurikulum Merdeka, saat ini terkesan justru pengawas yang banyak bertanya ke guru karena pengawas belum banyak tahu. Karenanya, hasil review/uji publik peran pengawas dalam pembelajaran implementasi kurikulum merdeka akan menghasilkan Perdirjen yang nantinya akan digunakan sebagai dasar pelatihan pengawas tentang implementasi kurikulum merdeka.

9. Salah satu transformasi peran pengawas adalah mengubah peran pengawas yang awalnya sebagai pengendali menjadi pendamping. Sasaran pengawas nantinya adalah menjadi rekan refleksi bagi kepala satuan pendidikan.

Dari berbagai sumber.. 



Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search