-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Pelatihan dalam Program Digital Talent Scholarship Tahun 2023

- May 17, 2023
advertise here
advertise here

 

Pelatihan dalam Program Digital Talent Scholarship Tahun 2023

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi (BPSDMP) DIY, kerjasama dengan BPSDMP Jawa Tengah, mengadakan pelatihan Program Digital Talent Scolarship Tahun 2023, Diperuntukan bagi guru-guru pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang telah membuktikan dirinya sebagai guru di SMA/SMK. 

Pelatihan ini akan memberikan dasar bagi peserta untuk memahami “Data Science” dan melakukan proses “AI Project Cycle” yang benar serta menggunakan alat bantu yang berbasis visual (Visual Programming) yakni menggunakan Orange. Orange sebagai salah satu tools visual Programing yang mudah digunakan dan mudah diajarkan karena bekerja dengan GUI, programming no-code, data flow secara visual. 

Pelatihan ini terdiri dari 8 modul : 1 modul tentang teori, 1 modul diskusi+hands on, 5 modul hands on dengan data yang disediakan terkait dengan pembelajaran, dan 1 modul akhir adalah ujian praktek. Pelatihan ini mengukur pemahaman peserta melalui pre-test, post-test, ujian praktek dan ujian akhir. 

Output pelatihan, diharapkan peserta memahami tentang Artificial Intelligence (AI), Data Science dan AI Project Cycle dalam proses implementasi AI. Peserta paham menggunakan salah satu tools machine learning yaitu “Orange”. Peserta mampu menggunakan “Orange” sebagai tools untuk memprediksi. Peserta bisa mempraktekkan standar penggunaan “Orange” dalam kesehariannya sebagai guru

Aktivitas Pelatihan, peserta akan terdaftar dalam LMS yang telah disiapkan dan diharuskan untuk mengikuti sosialisasi sebelum pelatihan dimulai. Peserta mengikuti pelatihan secara daring dan materi pembelajarannya bisa diperoleh melalui LMS yang telah disediakan sebelum pelatihan dan video pembelajaran setelah pelatihan. Peserta harus mengisi presensi (live/recording) sebagai syarat untuk megikuti Pre-Test (sebelum pelatihan dimulai) dan Post-Test (setelah pelatihan berakhir). Peserta harus mengikuti ujian praktek pada modul ke-8. Peserta menyiapkan diri sebelum pelatihan dengan membaca modul yang diberikan sebelum pelatihan.

Peserta mengikuti pelatihan berupa 1) dasar teori; 2) memahami masalah; 3) menyiapkan data; 4) eksplorasi dan mengevaluasi data; 5) evaluasi machine learning (regression); 6) evaluasi machine learning (classification); 7) evaluasi machine learning (clustering)

Persyaratan Peserta : Minimal Lulus S1 bidang apa saja dan terdaftar sebagai guru di SMA/SMK. Usia minimal 20 tahun sd 50 tahun. Persyaratan Sarana Peserta diantaranya : Laptop Core i3 7th Gen, 8GB RAM, Integrated Graphics Card, Webcam, Microsoft Windows 10 / Linux Ubuntu 18.04 / MacOS 10.15. Aplikasi Orange Machine Learning yang dapat diunduh melalui link berikut : https://orangedatamining.com/download/#windows.

Lokasi Pelatihan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Jl. Setia Budi No.201A, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Sebagaimana dikutip dari situ niagahister, data scientist adalah salah satu profesi yang tugas utamanya mengolah data. Biasanya perusahaan membutuhkan seorang data scientist untuk menerjemahkan data secara akurat. Jadi, pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan tepat.

Menurut situs California University of Pennsylvania, pertumbuhan karier data scientist tumbuh 650% sejak tahun 2012. Jadi, peluang karier data scientist sangatlah besar. Tidak hanya di Eropa, tapi juga di Indonesia. Bahkan presentase tersebut akan semakin tinggi pada 2026 dengan estimasi 11,5 juta pekerjaan baru di bidang data scientist. Jika Anda yang tertarik dengan profesi data scientist, segera mengikuti kegiatan diatas.

Nantikan informasi berikutnya..








Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search