-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

SEPERTI APA ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)?

- May 25, 2023
advertise here
advertise here

 SEPERTI APA ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)? 

Dalam materi pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) Training Academy, Thematic Academy Data Science, Arief Kelik Nugroho, narasumbe yang juga dosen Fakultas Ilmu Komputer Univeristas Jenderal Soedirman (Unsoed). menjelaskan bahwa Artificial Intelegence (AI) merupakan langkah awal untuk memahami dunia teknologi.

Tujuan AI sendiri untuk membangun sistem kecerdasan (buatan), mengerjakan pekerjaan manusia serta memecahkan permasalahan. Hadirnya AI berdampak pada dunia kerja sampai ekonomi. Bagaimana AI mampu mengubah tatanan kerja dan manfaatnya bagi kehidupan.

Ai merupakan komputer dengan karakteristik seperti otak manusia. Meliputi kemampuan berpikir kritis, membuat keputusan, dan menaikkan produktivitas. 

Dasar keilmuan AI, sebagai pandangan manusia dalam aturan pemesinan untuk pekerjaan sederhana sampai rumit. Pandangan ini menyatu sebagai hasil dari aktivitas intelektual, studi analisis, logika, dan pengamatan. 

Penugasan AI meliputi kendali, robotika, mekanisme kontrol, komputasi, penjadwalan, hingga data mining. Alan Turing mendefinisikan AI adalah sistem yang berperilaku seperti manusia. Sebuah lahan yang mana menggabungkan computer science dan datasets untuk menyelesaikan masalah.

AI bisa digunakan dalam semua bidang dan bagian, untuk mengoptimasi hubungan antara data untuk mendapatkan insight data dan melakukan prediksi.

Lebih lanjut mas arief yang sedang studi doktor bidang komputer, mengatakan bahwa AI bisa diaplikasi untuk memprediksi hewan apa saja yang terdapat dalam sebuah gambar, membuat caption otomatis pada gambar, menambahkan kacamata hitam virtual ke wajah pada video, file gambar penanda tua atau muda. Termasuk pertukaran wajah (face swap) di terima platform media sosial. 




Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search