-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Edy Siswanto Guru SMK Raih Doktor Manajemen Kependidikan Pertama di Kendal

- November 22, 2023
advertise here
advertise here

 

Edy Siswanto, sedang memaparkan presentasi Disertasi didepan dewan penguji

Edy Siswanto Guru SMK Raih Doktor Manajemen Kependidikan Pertama di Kendal

Kendal, – Baru-baru ini SMK Negeri 4 Kendal menerima sebuah anugerah yang istimewa. Guru SMK Negeri 4 Kendal, Edy Siswanto, pada Jumat, (14/11/2023) resmi menyandang gelar “Doktor bidang Manajemen Kependidikan” dari Universitas Negeri Semarang (UNNES). Sehingga gelar beliau kini menjadi Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. Tentu, pencapaian yang telah diraih tersebut menjadi kebanggaan sekaligus kebahagiaan bagi seluruh warga sekolah.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas anugerah yang luar biasa ini. Tentu kami bangga memiliki seorang guru yang kini resmi bergelar Doktor. Apalagi jika melihat usaha dan perjuangan beliau dalam menyelesaikan studi S3 nya tidaklah mudah. Kami ucapkan selamat dan sukses untuk pak Edy Siswanto, semoga ilmu yang telah didapatkan bisa bermanfaat khususnya bagi dunia pendidikan, menjadi berkah, serta semoga kami bisa meneladani beliau yang terus bersemangat dalam menuntut ilmu,” ujar Bapak Drs. Sigit Pudjono, SH., M.Si., selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Kendal, yang mewakili civitas akademika SMK Negeri 4 Kendal.

Edy Siswanto, sedang memaparkan presentasi Disertasi didepan dewan penguji

Perjuangan meraih gelar Doktor tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak tantangan yang beliau hadapi selama tiga tahun masa studi S3 di Prodi Manajemen Kependidikan Sekolah Pascasarjana UNNES. Dengan predikat cumlaude, lama studi tiga tahun dua bulan dengan IPK sempurna 4,0. Yang membanggakan lagi Edy Siswanto dalam melakukan riset Disertasinya, berhasil mendapatkan dana hibah penelitian dari Sekolah Pascasarjana (SPS) UNNES dan dana hibah Penelitian Disertasi Doktor (PDD) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbudristek RI, sebuah capaian luar biasa dan tidaklah mudah.

Patut disyukuri apalagi seorang dengan profesi guru SMK, bisa mencapai gelar derajat Doktor terbilang pertama dan satu-satunya di Kabupaten Kendal, dengan profesi sebagai guru SMK.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, Edy Siswanto tercatat menjadi mahasiswa S3 UNNES pada tahun 2020. Selain menyelesaikan perkuliahan, iapun harus menyusun disertasi sebagai syarat kelulusan. Berbagai upaya dan pengorbanan dikerahkan demi selesainya disertasi. Memang betul, hasil tak pernah mengkhianati proses. Selain berhasil menyelesaikan penelitiannya, Edy juga berhasil menerbitkan karyanya di sebuah jurnal ilmiah Internasional terindeks Scopus. Luar biasa, tentu ini adalah sebuah prestasi yang tidak semua orang bisa melakukannya. Selain aktif diberbagai organisasi profesi guru, sebagai Ketua MGMP Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Kabupaten Kendal, beliau juga sebagai Ketua Umum Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia-Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PPVI-IGVIM).

Sebelum mengikuti sidang terbuka promosi Doktor, Edy terlebih dahulu menempuh tigas kali kegiatan paparan disertasi yakni FGD, ujian draf dan ujian tertutup yang diselenggarakan bersama para penguji dan juga promotor. Mereka para penguji adalah : Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum, Direktur Sekolah Pascasarjana (SPS) UNNES, selaku ketua tim penguji. Prof. Dr. Wasino, M.Hum, Wakil Direktur I, selaku sekretaris penguji. Dr. I Made Sudana, M.Pd. sebagai Penguji I/Penguji Pakar. Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd. sebagai Penguji II. Prof. Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd., selaku Kaprodi S3 Manajemen Kependididkan, sekaligus sebagai penguji III.  Prof. Dr. Eng. Yeri Sutopo, MT., M.Pd. Anggota Prmotor, sekalgus sebagai penguji IV. Dr. Eko Supraptono, M.Pd., (Co-Promotor), sekaligus sebagai Penguji V, dan Prof. Dr. Samsudi, M.Pd. Sebagai Promotor, sekaligus sebagai Penguji VI.


Berfoto bersama dengan semua dewan penguji


Puncaknya, pada 14 November 2023, pukul 10.00 WIB, disertasinya yang berjudul “Model Manajemen Teaching Factory (TEFA) Berorientasi Pengembangan Kecakapan Kewirusahaan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)” dipresentasikan di hadapan panitia sidang terbuka ujian promosi Doktor Manajemen Kependididkan UNNES dihadapan para penguji.

Bertempat di Gedung G ruang 101 Kampus SPS UNNES, Bendan Ngisor  Semarang, 15 menit Edy Siswanto memaparkan karyanya dengan baik. Setelah itu, satu persatu delapan penguji memberikan pertanyaan maupun sanggahan masing-masing selama 10 menit. Seluruh pertanyaan dijawab dengan lancar dan baik sehingga mengundang apresiasi yang baik pula dari para penguji. Hingga pada akhirnya, Edy Siswanto dinyatakan lulus cumlaude dengan nilai disertasi A dan IPK 4,0.

Sedikitnya 13 buku, delapan diantaranya berupa buku (book chapter) dan 18 karya artikel, jurnal ilmiah dan proceeding seminar nasional dan internasional selama tiga tahun  terakhir kuliah, termasuk jurnal terindeks Scopus dihasilkan guru SMK Negeri 4 Kendal ini.

Ucapan selamat datang dari Direktur SPS UNNES, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. “Selamat dan sukses kepada saudara Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. yang hari ini telah resmi menyandang gelar Doktor ke-355 dari Prodi Manajemen Kependidikan. Semoga keilmuan yang didapatkan bisa memberikan sumbangsih yang nyata terutama bagi kemajuan pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.


        Sesaat menerima Anugerah Secara simbolis kelulusan Program Doktor Manajemen Kependidikan

Ucapan selamat juga datang dari Prof. Dr. Samsudi, M.Pd., selaku Pomotor. yang hadir secara daring dalam sidang promosi tersebut. “Selamat untuk Dr. baru mas Edy Siswanto atas keberhasilan yang telah diraih ini”. Bahwa hari ini telah lahir seorang Doktor baru bidang Manajemen Kependidikan Vokasi. Saya salut akan kegigihannya dalam menyelesaiakan studi Doctoral ini. Sebagai promotor ikut Bahagia. Mas Edy benar-benar sudah siap dalam menjawab pertanyaan semua penguji. Keberhasilan ini bukan akhir dari segalanya, namun sebagai titik awal dalam menapaki kesalehan sosial, akademik dan spiritual. Ungkap Prof. Samsudi. Kami tunggu Dr. Edy Siswanto untuk memajukan pendidikan guna menwujudkan sekolah vokasi SMK yang mandiri dan berprestasi,” tuturnya.

Suasana haru dan bahagia menyelimuti ruangan setelah sidang berakhir. Para penguji, keluarga dan rekan kerja bergantian memberikan ucapan selamat dan berfoto bersama beliau. “Terima kasih setinggi-tingginya kami ucapkan kepada seluruh pihak yang telah memberikan doa, dukungan, motivasi kepada saya sehingga saya bisa sampai di titik ini. Semoga menjadi keberkahan bagi kita semua,” pungkasnya bahagia.


Baca juga di :

https://tribunkendal.com/ketua-umum-igvim-raih-gelar-doktor-manajemen-kependidikan-vokasi/

https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/unnes-luluskan-program-doktor-dalam-waktu-3-tahun-dengan-ipk-4-0/

https://bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id/main/2023/11/16/sukses-promosi-doktor-unnes-guru-smkn-4-kendal-raih-gelar-doktor/

https://radarsemarang.jawapos.com/kendal/723293802/ketua-igvim-berhasil-raih-gelar-doktor

https://jateng.kejarfakta.co/pendidikan/45315/edy-siswanto-raih-gelar-doktor-manajemen-kependidikan


#gurubergelardoktor

#doktorunnes

#doktoredysiswantounnes


Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search