-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Apakah Info GTK Anda sampai sekarang Belum Valid Juga?

- June 02, 2024
advertise here
advertise here

 



Kegelisahan muncul pada guru-guru SMK se-Indonesia, yang mengampu Mata Pelajaran (Mapel) Praktik kerja Lapangan (PKL). Yah sejak tahun 2023/2024, SMK yang menerapkan Kurikulum Merdeka (Kurmer) di kelas XII nya. PKL masuk sebagai Mapel. Mengharuskan input Mapel PKL dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Konsekuensi masuk dalam Dapodik, tentu sebagai Mapel baru, perlu waktu penyesuaian yang tidak mudah dan singkat. Eror seringkali terjadi, dan informasi susah, lambat didapatkan, kemana mesti mencari tahu.

Kenapa gelisah?, sebagai Mapel baru tentu selain membutuhkan adaptasi baru, penyesuaian baru. Berdampak pada belum siknronya Info GTK pada pendidik. Alias belum sinkron, hingga belum valid  sampai sekarang. Seperti biasanya TW I pencairan TPG setiap tahunnya biasanya di bulan April. Ini bahkan sudah masuk Juni. Yang berdampak pada pencairan Tunjangan Profeisinya sebagai guru mengalami keterlambatan beberapa lama. Ini yang cukup menghawatirkan bagi guru-guru pengampu kelas XII di SMK. Akankah TPG TW I dan TW II hangus alias hilang? berikutnya ulasannya.

Bagi guru yang Info GTK-nya sampai sekarang belum valid, alias belum ada Surat Keterangan Tunjangan Pencairan (SKTP) alias sampai sekarang belum bisa cair itu Tunjangan Profesi Gurunya (TPG), padahal sudah memasuki bulan Juni 2024, Tri Wulan ke-dua (TW II) di tahun 2024.. Disaat guru-guru yang lain, ada yang sudah valid. Bahkan sebagian sudah cair  lebih awal TW I nya. Tenang, karena awal Juni 2024, akan ada penarikan data. 

Ditunggu saja tidak usah panik, demikian jawaban dari admin GTK pusat. Pada saat tulisan ini dibuat, sepertinya web info GTK sedang dalam perbaikan. "Sistem dalam Perbaikan". Demikian tertulis di Web Info GTK. "Saat ini layanan Info GTK sedang dalam proses peningkatan sistem, mohon maaf atas ketidaknyamanannya". Terima Kasih. Itu artinya sistem sedang dalam proses penarikan data Mapel PKL, biasanya saat ada penarikan data, sistem down dalam perbaikan. Demikian info dari operator Dapodik. 


Dengan sudah mulai memasuki bulan Juni 2024. Namun info GTK sampai sekarang masih juga belum valid. Dari hasil komunikasi penulis dengan berbagai pihak termasuk admin GTK Pusat, tanggal 13 Mei 2024. Beberapa hal perlu dicermati sebagai berikut :

1. Usaha dengan sabar dan tetap berdoa, membantu memastikan Operator Dapodik, bukan sekedar menyalahankannya. Menjalin komunikasi, konsultasi kebeberapa pihak dari mulai propinsi sampai kepusat, termasuk sharing dan kolaborasi, baik daring ataupun luring, dengan SMK yang sama statusnya.

2. Minta asistensi dari Satpen yang sama status dan kondisinya dan sudah valid lebih dulu. Setelah sharing dan cek bersama, pastikan pengisian Dapodik sama, artinya tidak ada perbedaan berarti yang mengakibatkan terlambatnya validasi dari admin GTK pusat.

3. Namun tetap dikembalikan lagi ke Satpend, karena hal teknis masalah pengisian Dapodik, adalah apakah benar sudah sesuai panduan?. Artinya jika pengisian sudah benar, sesungguhnya akan valid otomatis, karena berkaitan dengan isian pada aplikasi Dapodik.

4. Memastikan dengan “Buku Panduan tata cara strategi memasukan Mapel PKL” untuk linieritas dengan buku panduan yang dikeluarkan GTK, sudah dipelajari dan tidak ada perbedaan.

5. Prinsip validitas data info GTK adalah dari isian Dapodik, artinya jika pengisian data Dapodik sudah benar, maka akan valid otomatis.

6. Informasi dari pusat bahwa, “Jumlah siswa binaan PKL masih Nol”, Mestinya terekap sesuai inputan, tidak boleh nol, artinya terekap atau terbaca Dapodik. Ini yang oleh operatior bingung dan tidak mengerti, ada kekurangan atau kesalahan apa dan dimana, harus bagaimana? karena inputing dan pembagian ekivalensi jumlah siswa, rombel dan perhitungan jumlah jam sudah benar sesuai dengan buku panduan.

7. Tunggulah sampai dua minggu sejak tgl 13 Mei 2024, artinya seharusnya tanggal 27 Mei 2024, ada progres. Namun tanggal tsb, SMK yang masih belum valid, belum ada progres berarti.

8. Sinkronisasi terakhir tanggal 6 Mei 2024, dan Validasi info GTK terakhir tgl 7 Mei 2024, sampai sekarang, 2 Juni 2024, belum ada validasi lagi. Belum tahu kapan ada validasi lagi. 

9. Informasinya update/Tarik data/validasi disetiap Jumat dua minggu sekali, artinya tanggal 24 Mei atau 31 Mei 2024, ada progres alias sudah valid. Namun sampai memasuki bulan Juni 2024, info GTK masih belum valid juga.

10. Hasil konsul dengan admin propinsi, disuruh nunggu lagi sampai sebelum tanggal 15 Juni 2024.

11. Ada "kekhawatiran" jika sampai tanggal 15 Juni 2024, belum juga valid. Beberapa kemungkinan terjadi adalah aplikasi Dapodik telah terbit versi baru (Ganjil 2024/2025), yang biasanya validasi aplikasi baru sampai tanggal 17 Agustus tahun 2024. Artinya versi lama, sudah tidak bisa diperbaiki, sementara justru di versi lama ini (Genap 2023/2024). Dapodik yang berakibat info GTK belum valid, “masih ada masalah”, sudah tidak bisa diperbaiki dan diupdate lagi. Posisi ini yang sangat menghawatirkan sehingga TPG Genap 2023/2024, "dikhawatirkan", "jangan sampai hangus". Ini yang harus diperjuangan bersama.

12. Kepada pejabat (Tim Manajemen) pada Satpend terkait untuk bergerak menangani hal tersebut diatas, dengan atas nama Kedinasan Satpend, karena berkaitan dengan hal teknis pembagian jam, jumlah siswa dan jumlah tempat PKL. KS, Waka Kurikulum, Waka Humas, Operator Satpend, duduk bersama, mengecek kembali ekivalensi pembagian jumlah jam PKL, memastikan kembali apakah sudah sesuai dengan buku pandua. Jangan sampai guru dirugikan dan “hangus TPG” nya. Ini yang tidak diinginkan Bersama. Hanya karena kesalahan teknis perhitungan maple  PKLi dan input data dalam dapodik.

13. Mempertimbangkan wakil Satpend (Operator Dapodik dan Waka Kurikulum), untuk minta zoom bersama admin pusat GTK, atau jika dipandang perlu merapat ke pusat Jakarta untuk segera menyelesaikan permasalahan diatas, sebelum tanggal 15 Juni 2024.



Namun sekali lagi, ditunggu saja tidak usah panik, demikian jawaban dari admin GTK pusat. Pada saat tulisan ini dibuat, sepertinya web info GTK sedang dalam perbaikan. "Sistem dalam Perbaikan". Demikian tertulis di Web Info GTK. "Saat ini layanan Info GTK sedang dalam proses peningkatan sistem, mohon maaf atas ketidaknyamanannya". Terima Kasih. Itu artinya sistem sedang dalam proses penarikan data Mapel PKL, biasanya saat ada penarikan data, sistem down dalam perbaikan. Demikian info dari operator Dapodik. 

Pada saat artikel ini ditulis, sedang dalam proses penarikan data di Kemdikbud, sehingga diharapkan maksimal Jumat, tanggal 7 Juni 2024, Info GTK sdh dinyatakan valid..syukur sebelum tanggal tersebut..semoga saja...Aamiin...

Kendal, 2 Juni 2024



Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search