-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Tugas dan Kewajiban Seorang Doktor

- June 08, 2024
advertise here
advertise here


Menurut Prof. imam Suprayogo, seseorang berpendidikan Doktor, bukan sekedar "bisa menduduki jabatan tertentu dan strategis baik di kampus, lembaga atau institusi". Namun agar menjadi seorang ilmuwan. Ini yang berat bos...Doktor dituntut produktif melahirkan karya yang bisa "mencerahkan" umat..
Tugas para ilmuwan adalah mengembangkan ilmu, melakukan penelitian, pengabdian masyarakat, penulisan karya ilmiah, termasuk pengajaran tentunya....

Tugas para Doktor adalah tak hanya berhenti mengembangkan kelimuan. Namun invensi (menemukan dan mengembangkan kelimuan).

Terus berpikir, meneliti, dan memberikan ilmunya kepada mereka yang memerlukan, baik di kalangan mahasiswa, teman sejawat, atau juga masyarakat luas dan para pengambil kebijakan.
Lalu bagaimana jika Doktor berada disebuah "tempat yang" tak mendukung itu semua😀😀😀...ini yang menyedihkan..Alih-alih berkegiatan, apalagi "ada dana" melakukan itu semua... Berkesempatan saja tak ada....hushush....ini yang banyak dirasakan para Doktor di Perguruan Tinggi (PT). Kecuali mereka yang berada di PT yang sudah mapan...Apatah lagi bagi yang selain diatas...apatah lagi bagi mereka yang "sudah zona nyaman".

Belum lagi berfikir dan menyampaikan pemikiran dalam urun rembug memperbaiki keadaan sekitar dan kebijakan yang belum sesuai antara harapan dan kenyataan...berat loh bos...tugas Doktor...biar penulis saja yang lakukan haha...😀


Namun. Tetap sabar kawan, jauh lebih penting itu semua adalah janji Allah itu pasti ...
"Allah mengangkat orang-orang berilmu diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat" (QS; Almujadalah; 11). Sesungguhnya yang bertaqwa kepada Allah SWT itu dari hamba-hambaNya, hanyalah mereka ya g berilmu pengetahuan ...(QS; Alfatih; 28).


#doktorunnes#ppsunnes#manajemenkependidikan#gurundeso

Advertisement advertise here
This Newest Prev Post

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search