Sunday, May 3, 2020

Pengawas Banyumas Lolos Seleksi Administrasi Dirjen Kemendikbud

Dr. Bahrodin, M.M.Pd.

Pengawas Banyumas Lolos Seleksi Administrasi Dirjen Kemendikbud

Saya punya kawan virtual, namanya Dr. Bahrodin, M.MPd. saya berkawan dibeberapa grup whatsapp dan facebook. Karena memang profesinya sama dibidang pendidikan, hanya beliau sebagai pengawas, saya guru.

Sebenarnya pernah berjumpa,  dalam satu forum. Saat ada acara diklat menulis media guru di Semarang dan Temu Nasional Guru penulis (TNGP) di gedung  Kemendikbud Jakarta. Namun saya lupa atau kurang memperhatikan.

Seperti apa orangnya walaupun pernah saling berbagi informasi baik lewat grup whatsapp maupun japri.

Yang saya tahu orang ini hebat luar biasa. Semangat maju tinggi. Berkemaun keras, suka perubahan dan kemajuan, siap menerima tantangan baru.

Dengan meniti karier dari nol, CPNS golongan II/c dari ijazah D3 saat itu, sampai sekarang beliau sudah pangkat golongan IV/c. Dan bergelar Doktor Manajemen Pendidikan.

Riwayat pendidikan, D3 Pendidikan Olahraga IKIP Jogjakarta tahun 1986, S1 Pendidikan Olahraga IKIP Jogjakarta tahun 1991, S2 Magister Manajemen Pendidikan Unsoed Purwokerto tahun 2002, dan S3 Manajemen Pendidikan Unnes Semarang, tahun 2018.

Berbagai jabatan pernah diemban. Dari guru honorer SMP, Guru PNS, Kepala sekolah SMP, birokrat pendidikan beberapa kali di Kabupaten Banyumas, Kepala UPTD, Kabid Pendidikan Banyumas, sampai sekarang sebagai pengawas SMP, semuanya di Banyumas, karena memang beliau kelahiran Banyumas, tepatnya di kecamatan Sokaraja Banyumas.

Tak cuman itu, predikat guru teladan, Guru berprestasi, pengawas teladan dan pengawas prestasi ia sabet dari mulai tingkat Kabupaten, Propinsi sampai tingkat nasional. Berbagai
diklat, studi banding dilakoni baik dalam maupun luar negeri.

Sebuah capaian prestasi yang menurut penulis tidak mudah. Dan jarang ada bagi seorang dengan baground guru.

Dalam grup whatsaap beliau memberi tahu kepada kawan, untuk memberikan tanggapan rekam jejak atau integritas dan kepemimpinan sebagai syarat seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPT Madya) Dirjen Paud, Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikaudasmen) Kemendikbud. Atas nama  Dr. Bahrodin M. M.Pd.

Sebelumnya beliau lolos diseleksi administrasi JPT Madya Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Dari hampir lima puluhan pelamar se-Indonesia, enam diambil lolos administrasi, termasuk beliau. Disaring menjadi tiga orang, untuk diambil satu orang. Namun didetik terakhir belum beruntung.

Setelah beliau pernah lolos mengikuti asessmen pada tahun ini, pada seleksi JPT Madya Dirgen GTK, tidak perlu mengikuti asessmen lagi. Artinya beliau sudah punya kans untuk lolos tinggal menunggu wawancara akhir di seleksi Dirjen Dikaudasmen Kemendikbud.

Saya sampaikan kepadanya, sebagai kawan dengan senang hati siap kolaborasi dan membantu yang bisa saya bantu. Dalam promo rekam jejak upgrade info profil dan dukungan. Siap sinergi untuk bekerjasama. Semoga bisa lulus dan sukses.

Bukan karena tanggal lahir beliau sama dengan penulis, namun setidaknya punya semangat sama memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Melihat potensi, prestasi, rekam jejak, penulis lihat beliau mampu mengemban amanah itu apabila Allah memberikan kepercayaan.

Bahwa penulis menilai yang bersangkutan  memiliki beberapa kelebihan diantaranya :

Satu, Integritas kuat dalam menjunjung keyakinan, prinsip, dan etika di lingkungan kerja secara  kondusif. Hal ini sangat diperlukan dalam pekerjaan manajerial dengan tekanan, beban dan komitmen yang sangat tinggi.

Kedua, Sifat perfektionis yang realistik dalam menyelesaikan tugas, cermat, teliti, gesit, tuntas, dan bertanggung jawab.

Ketiga, Kepemimpinan transformasional, lugas, bekerja sigap, mengayomi bawahan, kolaboratif dengan sesama, dan beretika dengan atasan.

Keempat, Karakter cerdas dan tanggap terhadap masukan atau saran, ide dan gagasan secara kritis dan rasional.

Kelima, Pemikiran yang kuat dan konsisten dalam mengemban tugas jabatan yang pernah diamanatkan kepadanya berdasar penerapan fungsi-fungsi manajemen mutu terpadu. Hal ini dibuktikan juga dengan pemikiran atau gagasan karya tulisnya yang dipublikasikan di Jurnal Internasional (Advances in Business, Management and Intrepreneurship. London, ISBN 978-0-367-27176-3).

Keenam, Pengalaman yang mumpuni berdasarkan temuan dan perolehan ilmu atau teori baru hasil kunjungan ke beberapa negara, penghargaan yang diperoleh sebagai bukti kepercayaan pemangku kepentingan kepadanya, dan bekal pengembangan tugas ke depan.

Demikian, informasi atau masukan berkenaan dengan rekam jejak Dr. Bahrodin M.M.Pd  yang saya baca. Setelah penulis dikirimi CV, penulis ketahui, lihat, amati, pantau, dan rasakan dengan segudang prestasi dan penghargaan bisa menjadi pertimbangan panitia Seleksi.

Terima kasih, sukses selalu.

No comments:

Post a Comment

SUSUNAN PENGURUS PUSAT (PP PPVI-IGVIM) PERIODE TAHUN 2021-2026 PERUBAHAN I

SURAT KEPUTUSAN RESMI (SK PP PPVI-IGVIM) PERIODE  TAHUN 2021-2026 PERUBAHAN I SILAHKAN DOWNLOAD DISINI : SURAT KEPUTUSAN KETUA UMUM PENGURU...