-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

DIGITALSIASI PEMBELAJARAN MENUJU MERDEKA BELAJAR DAN SEKOLAH PENGGERAK

- May 21, 2020
advertise here
advertise here

Kepada Yth Bapak/Ibu Guru Pendidik SMK Negeri 4 Kendal. Dimasa pandemi Covid-19, Momen tepat. Dimana terjadi perubahan "new normal" dunia pendidikan tak bisa terlepas dari pembelajaran berbasis IT.

Belum bisa dipastikan sampai kapan pandemi Covid-19 berakhir. Beberapa skenario diterapkan Kemendikbud. Kondisi pendidikan harus bisa menyesuaikan.

Apakah murni daring dengan segala keterbatasan. Tatap muka sesuai protokol dengan aturan yang sangat ketat. Maupun gabungan blended learning. Dengan sistem blok.

Segala kemungkinan bisa terjadi dan pasti tidak mengenakan, tidak memuaskan semua. Namun itulah yang terjadi. Itulah yang  harus diambil dan diputuskan.

Kedepan blended learning menjadi trend baru hal yang mesti dilakukan. Dimana kegiatan belajar mengajar (KBM) 30-50% tak menutup kemungkinan dengan teori daring dan 50-70 persen praktik dengan sistem blok.

SMK Negeri 4 Kendal sedang proses pengembangan "digitalisasi pembelajaran menuju merdeka belajar dan sekolah penggerak".

Berbagai platform dikembangkan dari Manjemen Penilaian Digital (MPD) dengan e-raportnya, e-KTSP dengan silabus dan RPP satu lembar berbasis efektif, efisien sesuai kebutuhan dan orientasi siswa (eeos).

MS Teams 365 sedang proses deploy akun untuk semua guru, karyawan dan siswa. Dan Jagaratu.kentangkalong.id sebagai manajemen penugasan daring siswa terutama diera pandemi Covid-19.

Karenanya untuk terlaksananya dibutuhkan tak hanya alokasi skema pendanaan. Peran serta manajemen, perhatian dan dukungan semua pihak. Komitmen tinggi. Terutama guru dan siswa sebagai ujung tombak pelaksana dilapangan.

Adaptasi dan penyesuaian segera dengan "sigap" dan gerak cepat warga sekolah. Perubahan besar paradigma baru dari "analog menuju digital".

Berikut kami kirim akun jagaratu sesuai email masing-masing bp/ibu yang sudah dikirim ke admin. Bisa dilihat di : http://gg.gg/AkunJagaratuGuru

Dibuka di alamat link : jagaratu.kentangkalong.id ; masukan username/email masing-masing bp/ibu guru, password : guru, setelahnya bisa diganti password baru.

Sebagai platform Sistem Manajemen Sekolah (SMS), akun jagaratu dipandang lebih dari sekedar Learning Manajemen Sistem (LMS). Dimana manajemen bisa memantau kinerja bawahan, staf dan timnya.

Uji coba di semester genap (2 dan 4). Harapannya bisa membantu, mempermudah pembelajaran daring, penugasan jarak jauh (pjj) di era pandemi Covid-19.

Jika tidak ada kendala akan efektif mulai tahun ajaran baru 2020/2021.

Mohon bisa dicek, jika ada masalah mengenai user dan pasword, data kelas, data guru dan data siswa hub mas basori selaku admin TU. Jika masih belum sinkron atau masih ada yang kurang dipemetaan mapel hub p sulchan arifin,

Direncanakan insya Allah hari Kamis, tanggal 4 Juni 2020, ada sosialiasi (IHT) KBM Daring jagaratu dari Cabdin XIII. Info resmi menyusul. #SMK Bisa, SMK Hebat, SMK Bisa Hebat..Joss..
Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search