Saturday, October 24, 2020

Profil Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia-Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (IGVIM)

 



Profil Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia - Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (IGVIM)

Bismillah, kelahiran Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia yang selanjutnya disebut dengan nama Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (IGVIM), dilatarbelakangi rendahnya mutu lulusan SMK, dan kurangnya kompetensi dan profesionalisme guru SMK, minim dan belum meratanya peralatan praktik, laborotarium bengkel di SMK terutama luar jawa, dan sederet permalasahan lain. IGVIM juga ikut mengakselerasi program pemerintah lewat Dirjen Vokasi. Mewujudkan revitalisasi SMK seperti dalam Inpres No 9 Tahun 2016. 

IGVIM keberadaaanya khusus untuk mengurusi masalah pendidikan dibidang vokasi.

IGVIM dalam Bahasa Indonesia, atau dalam Bahasa Inggris Avanced Indonesian Vocational Teachers Association (AIVTA) merupakan suatu organisasi profesi guru yang bersifat sosial. IGVIM memupunyai visi besar, menjadi perkumpulan organisasi profesi guru kejuruan (vokasi) yang independen, mandiri, profesional, inklusif, berwawasan global,  mencerdaskan, berkarakter luhur kebangsaan dalam iman dan taqwa.

Adapun misi yang diemban IGVIM adalah :

1. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan berkolaborasi dengan Dunia Usaha dan dunia Industri.

2. Menjalin kerjasama dengan semua pihak di dalam dan luar negeri.

3. Menjembatani komunikasi sesama guru untuk berbagi pengalaman dalam melaksanakan pembelajaran dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pendidikan.

4. Mendukung segala upaya dalam penjaminan, pengontrolan, dan perbaikan mutu guru.

5. Membangun budaya literasi dasar guna menumbuhkembangkan minat baca-tulis, sains, matematika, TIK, finansial, berbudaya dan sosial kemasyarakatan di kalangan guru.

6. Memfasilitasi guru untuk mengembangkan keterampilan pembelajaran abad 21 yang mengedepankan semangat pendidikan inklusif dan holistik.

7. Melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan penguasaan teknologi informasi untuk  mendukung  profesionalitas guru.

8. Mengupayakan peningkatan kesejahteraan guru melalui jalur legal konstitusional.

9. Memfasilitasi pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan pembuatan karya inovatif guru dan teknologi tepat guna.

10. Turut menciptakan ekosistem pendidikan yang sehat bersama pemerintah dengan terus memunculkan gerakan yang mendukung tercapainya pendidikan Indonesia yang maju dan independen.

Tujuan IGVIM yang bisa dicapai  adalah sebagai organisasi profesi guru bidang vokasi, dengan tujuan dibidang pendidikan, sosial dan kemasyarakatan, kesejahteraan, pengawasan dan perlindungan anggota organisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut dengan melakukan kegiatan pelayanan pendidikan, penelitian yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi, perlindungan anggota (advokasi) dan kejahteraan anggota.

Tujuan ril yang bisa dicapai dalam perjuangan IGVIM adalah :

1. Sebagai tempat sharing, berbagi ilmu pengetahuan, seni, peningkatan kompetensi, dan skill.

2. Wahana urun rembug terhadap kemajuan dunia pendidikan khususnya pendidikan vokasi.

3. Berbagi pengalaman, metode dalam best practice peningkatan mutu pendidikan vokasi.

4. Sebagai jembatan dan kemitraan kerjasama SMK dengan DU/DI.

5. Forum silaturahmi, berbagi informasi dan menjalin komunikasi, diskusi dan deseminasi hasil-hasil penelitian, PTK, Pengalaman Mengajar, Pembuatan Bahan Ajar, Pengembangan bahan ajar, media pembelajaran, Manajemen Pendidikan dan hal-hal yang terkait dengan pendidikan vokasi.

Agenda IGVIM dalam Waktu Dekat di Tahun 2020 :

1. Baju seragam IGVIM sudah jadi sebelum tgl 20 Nopember 2020

2. Pembukaan rekening IGVIM setelah akte notaris jadi

3. Agendakan koordinasi penyusunan program kerja Pengurus Pusat (PP)

4. Segera buat jadwal bintek nasional online bisa joint dengan institusi maupun DUDI, sudah dimulai dari sekarang

5. Pastikan masing-masing nama yang sudah tercantum dalam pengurus mulai action mempromosikan IGVIM dalam segala bentuk baik manual maupun online.

6. Intensifkan main di medsos untuk branding, dengan membuat segala kanal medsos yang dibutuhkan.

7. Silaturahim online Bareng IGVIM dan Dirjen Vokasi

8. Seminar Nasional Online dalam HGN 2020, dengan Narasumber utama Dirjen Vokasi, diperkirakan tgl 20 Nop 2020, sekaligus launching/pelantikan PP IGVIM (jika Akte Notaris sudah jadi), jika belum bisa launching saja

9. Pastikan semua komponen pengurus sudah bergerak mempromosikan IGVIM, sudah dimulai dari sekarang, termasuk jika ada acara untuk bisa menautkan logo IGVIM

10. Responsif terhadap segala kejadian, isu, kegiatan disekitar dalam scup nasional maupun internasional dengan ikut memberikan ucapan dalam bentuk flyer online logo dan Ketum IGVIM

11.   Kolaborasi dan Sinergi, update info dan rujukan narasumber segala isue pendidikan terutama bidang vokasi, baik dengan institusi pemerintah maupun DUDI.

12. Pusat studi, kuasai bahan dan data vokasi untuk jadi mitra kritis, dan urun rembug kemajuan pendidikan vokasi indonesia.

PP IGVIM membutuhkan figur untuk mengisi di pos kepengurusan dengan syarat utama : Dosen Vokasi, Guru SMK semua jurusan, formal non formal, peduli kemajuan pendidikan dan Vokasi, Menguasai literasi dan IT, Organisatoris, komunikatif, bisa bekerja dalam tim, dan tentu siap  berjuang dan berkorban tenaga, fikiran dan waktu untuk memajukan pendidikan vokasi Indonesia. 

Mohon masukannya, untuk segera membuat program kerja kepengurusan bersama dan meluncur, termasuk bermain di medsos dibutuhkan sumbangan sodakah amal jariyah yang ahli IT. Karena organisasi milenial modern tak bisa lepas dari kemasan branding IT.

Bapak ibu pasti bisa.. bravo IGVIM..Joss..

@mitraigvim

@mitrasdudi

@kamivokasi

@direktoratsmk

@diktivokasi

@kursuskita

#MitrasIGVIM

#MitrasDUDI

#MitraVokasi

#VokasiKuatMenguatkanIndonesia

 

Kendal, Oktober 2020.


Edy Siswanto

Ketum PP IGVIM





1 comment:

SUSUNAN PENGURUS PUSAT (PP PPVI-IGVIM) PERIODE TAHUN 2021-2026 PERUBAHAN I

SURAT KEPUTUSAN RESMI (SK PP PPVI-IGVIM) PERIODE  TAHUN 2021-2026 PERUBAHAN I SILAHKAN DOWNLOAD DISINI : SURAT KEPUTUSAN KETUA UMUM PENGURU...