-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

PERNYATAAN SIKAP PP IGVIM ATAS TEROR KKB PAPUA

- April 14, 2021
advertise here
advertise here

 

PERNYATAAN SIKAP PP IGVIM ATAS TEROR KKB PAPUA



Bahwa telah terjadi kejahatan sekaligus teror yang luar biasa, empat hari sebelum puasa oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kepada penyelenggaraan pendidikan Indonesia dalam dua hari berturut-turut yaitu, 1) Kamis (8/4/2021) menembak mati Oktavianus Rayo guru SD Julukoma, Distrik Beoga Kabupaten Puncak, dan membakar Gedung SD Jambul, SMP Negeri 1 dan SMA 1 Beoga serta rumah guru, 2) Jumat (9/4/2021) menembak mati Yonatan Renden (28), guru SMP Negeri 1 Beoga.

Terkait dengan fakta-fakta yang memilukan tersebut, Pengurus Pusat Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PP IGVIM) secara tegas menyatakan hal-hal sebagai berikut:

1.  Mengecam keras tidakan kejahatan yang dilakukan oleh KKB yang merenggut dua nyawa guru dan menghancurkan sejumlah gedung sekolah;

2.  Meminta aparat kepolisian dan TNI untuk segera mengejar dan menangkap hidup/mati para pelaku beserta gerombolanya. 

3. Melakukan upaya-upaya untuk memulihkan situasi ketertiban/keamanan dan menjamin rasa aman masyarakat;

4.  Sesuai amanat  UU No. 14 tahun 2005 bahwa guru berhak atas jaminan keselamatan kerja, maka kami minta kepada Pemerintah dan utamanya Pemerintah Kabupaten Puncak agar segera membuat kebijakan khusus/tindakan terstruktur (tanggap situasi konflik bersenjata) dalam rangka menjamin keselamatan pendidik (guru) dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas di daerah konflik, serta agar peristiwa tersebut tidak terulang;

5.  Kepada kawan pendidik dan tenaga pendidik di daerah konflik atau yang berpotensi terjadi gangguan keamanan agar waspada/peka, segera berkordinasi dengan pemerintah dan organisasi profesi jika merasa mulai ada ancaman (berpotensi timbulnya ancaman) baik fisik maupun psikis;

6.  Kami bersimpati kepada keluarga korban dan semua peserta didik yang sekolahnya menjadi korban agar tabah dan tetap semangat belajar, serta optimis bahwa situasi akan menjadi lebih baik.

7.  SELAMAT JALAN kepada kawan Rayo dan Renden, kalian adalah Pahlawan Pendidikan NKRI.

Semoga di Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, selalu membimbing dan melancarkan segala upaya pemulihan situasi, melindungi segenap elemen penyelenggara pendidikan juga seluruh masyarakat di daerah konflik manapun bagian kedaulatan NKRI.


                                        Jakarta, 13 April 2021









Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search