-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Dukungan Prof. Dr. Ir Agus Hermanto, MM (Mantan Wakil Ketua DPR RI 2014-2019) atas Terbitnya Buku "Pengembangan Kebijakan Pendidikan" dalam Tinjauan Polkumeksosbud

- July 23, 2021
advertise here
advertise here

 Dukungan Prof. Dr. Ir Agus Hermanto, MM (Mantan Wakil Ketua DPR RI 2014-2019) atas Terbitnya Buku "Pengembangan Kebijakan Pendidikan" dalam Tinjauan Polkumeksosbud


Dukungan Prof. Dr. Ir Agus Hermanto (Mantan Wakil DPR RI 2014-2019) atas Terbitnya Buku "Pengembangan Kebijakan Pendidikan" dalam Tinjauan Polkumeksosbud. Edy Siswanto dkk

Dalam dunia Pendidikan, pengembangan kebijakan pendidikan merupakan unsur yang penting dan strategis. Memberikan arah dalam pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan atau sasaran yang dikehendaki. Pengembangan kebijakan pendidikan merupakan salah satu faktor kunci efektifitas keterlaksanaan kegiatan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan bagi setiap jenjang dan jenis pendidikan pada tingkat nasional maupun lokal.

Namun apabila dilihat dalam kenyataan unsur pengembangan kebijakan pendidikan masih bersifat “politis” dan belum sesuai harapan. Masih banyak dijadikan faktor pelengkap atau penjabaran kebijakan pimpinan sehingga sering terjadi tujuan yang ditetapkan tidak tercapai secara optimal. Salah satu penyebabnya adalah para pengambil kebijakan pendidikan masih kurang memahami proses dan mekanisme pengembangan kebijakan yang lebih komprehensif. Selain itu posisi bidang pengembangan kebijakan pendidikan belum merupakan “key factor” keberadaan suatu lembaga pendidikan baik pada tingkat makro maupun mikro. Sehingga sumbangan pengembangan kebijakan pendidikan terhadap pencapaian visi misi dan tujuan pendidikan belum dirasakan secara optimal.

Buku ini mencoba memberi penjelasan tentang posisi dan kedudukan pengembangan kebijakan pendidikan dalam tinjauan politik hukum ekonomi sosial dan budaya (Polkumeksosbud) dalam konteks kebijakan pendidikan dan posisinya dalam mencapai tujuan pendidikan pada tingkat lokal regional dan nasional. Buku ini dikelompokkan ke dalam lima bagian yang saling berkaitan. Buku yang digagas dan dimotori saudara Edy Siswanto, layak dimiliki dan dibaca menjadi pegangan dalam pengambilan keputusan bidang pendidikan.

Sebagai team teaching dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Kebijakan Pendidikan pada program S3 Doktor Manajemen Kependidikan, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para mahasiswa S3 program Doktor Manajemen Kependidikan angkatan tahun 2020/2021, yang bersedia menulis buah pemikiran dari hasil bahan-bahan selama kuliah menjadi buku teks pegangan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat umum.

Terima kasih juga kami sampaikan Bapak Rektor dan Direktur Pascasarjana dan Kaprodi S3 Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang, yang telah memberikan support dan dorongan kepada mahasiswa untuk terus berkarya. Ucapan secara khusus disampaikan kepada Prof. Fakhruddin, rekan satu team pengampu mata kuliah Pengembangan Kebijakan Pendidikan, yang telah mendampingi mahasiswa dalam menyusun dan mengedit naskah sehingga terwujud buku ini.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala membalas segala kebaikannya dengan berlipat ganda sesuai dengan janjinya. Kepada para pembaca dan pengguna buku ini,  penulis mengharapkan saran dan kritik konstruktif untuk penyempurnaan buku ini di masa yang akan datang. Mudah-mudahan karya sederhana ini dapat memperkaya khazanah keilmuan dalam bidang adminstrasi kebijakan publik khususnya bidang pengembangan kebijakan Pendidikan. Selamat membaca…


 Jakarta, 21 Juli 2021

Prof. Dr. Ir. Agus Hermanto, MM

                                                                        (Mantan Wakil Ketua DPR-RI Tahun 2014-2019 dan Guru Besar pada Fakultas Ekonomi Unnes)







Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search