Thursday, July 22, 2021

Dukungan Rektor Unnes atas Terbitnya Dua Buku; Edy Siswanto dkk

            Dukungan Rektor Unnes atas Terbitnya Dua Buku; Edy Siswanto dkk

            


Puji syukur  atas  bimbingan  Allah  SWT,  Mahasiswa S3 Program Doktor Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang, dapat  menyusun  dan  menerbitkan Buku hasil kumpulan tugas-tugas mata kuliah Pengembangan Kebijakan Pendidikan dan Supervisi Pendidikan.

Buku Pertama, "Pengembangan Kebijakan Pendidikan dalam Tinjauan Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya (Polkumeksosbud)" ; dan buku kedua, "Supervisi Pendidikan ; Menjadi Supervisor yang Ideal"  ini merupakan hasil buah pemikirin mahasiswa S3 Program Doktor Manajamen Kependidikan, selama mendapatkan materi kuliah Pengembangan Kebijakan Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi mahasiswa S3 Program Doktoral Manajemen Pendidikan, yang dimotori saudara Edy Siswanto telah berhasil menelorkan karya buku yang patut diapresiasi dan ditiru oleh mahasiswa lainnya.

Dalam mengembangkan ketersediaan buku sebagai sumber belajar yang memadai sangat diperlukan oleh para mahasiswa pada jenjang pascasarjana. Dalam mengembangkan bahan kuliah para dosen biasanya merujuk kepada berbagai sumber belajar yang relevan. Ketersediaan buku teks yang ditulis sendiri oleh dosen pembina dan kolaborasi mahasiswa untuk mata kuliah pada pascasarjana masih langka.

Sesungguhnya ketersediaan buku pegangan mata kuliah yang ditulis sendiri oleh dosen pembina dan mahasiswa, memiliki beberapa keuntungan. Pertama, menambah pengalaman dan penguasaan bagi dosen dan mahasiswa mengenai struktur kajian bidang ilmu yang ditekuninya. Kedua, buku teks jenis ini akan memudahkan proses pembelajaran, karena baik dosen maupun mahasiswa dalam proses perkuliahannya lebih mudah dan cepat menguasai struktur kajian keilmuan yang sedang dibahasnya. Ketiga, menambah literatur penguasaan dan wawasan keilmuan bagi mahasiswa, sesuai struktur bidang kajian ilmu yang digelutinya.

Tradisi penulisan buku pegangan bahan ajar menjadi buku pegangan umum yang bisa dikonsumsi masyarakat luas, adalah salah satu tradisi keilmuan yang menunjukkan marwah perguruan tinggi. Tradisi baik ini perlu mendapat dukungan dan apresiasi, utamanya pada program pascasarjana di lingkungan Universitas Negeri Semarang.  Program ini hendaknya digalakkan dan terus dilanjutkan sehingga pada suatu saat, seluruh dosen pengampu mata kuliah pada jenjang Doktoral memiliki kesempatan menulis buku teks untuk mata kuliah yang dibinanya.

Kehadiran buku pegangan yang ditulis oleh mahasiswa program Doktor Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang tidak semata-mata ditujukan untuk memenuhi kebutuhan internal lembaga. Namun demikian akan diperlukan dan oleh para mahasiswa lembaga perguruan tinggi lainnya, para guru, pengamat, peneliti, dosen, ilmuwan pengambil kebijakan pendidikan, berbagai pihak yang konsen dalam Kebijakan Pendidikan dan Supervisi Pendidikan di Indonesia dan para pembaca masyarakat luas. Buku ini layak dimiliki dan dibaca oleh siapapun yang peduli akan kemajuan pendidikan.

Pada kesempatan ini saya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada para mahasiswa program Doktor Manajemen Kependidikan angkatan tahun 2020/2021 yang telah bersedia bekerjasama untuk menerbitkan buku-buku yang dimaksudkan itu.

Kepada  semua  pihak  yang  terlibat  dalam penyusunan buku ini, saya atas nama Rektor Universitas Negeri Semarang, mengucapkan banyak terima kasih. Memberikan dukungan dan support untuk karya-karya berikutnya. Semoga kehadiran buku ini akan banyak memberi manfaat kepada kita semua..Selamat membaca..

Semarang, 21 Juli 2021

Prof. Dr. Fatur Rokhman, M. Hum

                                (Rektor Universitas Negeri Semarang)








No comments:

Post a Comment

SAMBUTAN DIES NATALIS KE-60 DAN LUSTRUM KE-12 SMK MIKAEL SOLO “BAKTI MIKAEL UNTUK VOKASI INDONESIA”

  SAMBUTAN DIES NATALIS KE-60 DAN LUSTRUM KE-12 SMK MIKAEL SOLO “BAKTI MIKAEL UNTUK VOKASI INDONESIA”     Assalamu ' alaik...