-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

SAMBUTAN DIES NATALIS KE-60 DAN LUSTRUM KE-12 SMK MIKAEL SOLO “BAKTI MIKAEL UNTUK VOKASI INDONESIA”

- July 08, 2022
advertise here
advertise here

 

SAMBUTAN DIES NATALIS KE-60 DAN LUSTRUM KE-12

SMK MIKAEL SOLO

“BAKTI MIKAEL UNTUK VOKASI INDONESIA”

 

 


Assalamu'alaikum   Warahmatullahi   Wabarakatuh

Salam sejahtera  untuk  kita semua, Yang say a hormati:

1.    Bp. Ketua Yayasan

2.    Bp. Kepala Sekolah, Drs St Maryata, M.Pd.

3.    Narasumber Pelatihan MasterCAM , ST Yuda Widyawan, Benedictus Tri Wahyu, ST,

4.    Panitia Kegiatan, L Bagus Budiyudhanto, ST

5.   Bp/Ibu Guru dan tenaga Kependidikan, peserta pelatihan Master Cam yang tidak bisa saya sebut satu persatu

 

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Pertama-tama,    marilah   kita   panjatkan    puji   syukur kehadirat Allah  SWT, Tuhan Yang Maha Esa,  atas segala limpahan berkah,   rahmat dan karunia-Nya kepada kita sekalian,   sehingga  kita dapat  berpartisipasi    dalam acara Dies  Natalis   ke-60  dan sekaligus Lustrum  ke-12 SMK Mikael Solo Ttahun 2022.

Saya mengucapkan  “Selamat dan Sukses” selalu terima kasih atas kesempatan  yang diberikan   oleh  Kepala Sekolah SMK Mikael dan seluruh civitas akademika SMK Mikael, dalam hal ini panitia kegiatan untuk menyampaikan sambutan pada hari ini.

Dies Natalis ke-60, sekaligus lustrum ke-XII  bagi sebuah sebuah lembaga, seperti SMK Mikael bukan hanya sekedar  selebrasi  rutin  tahunan.    Tetapi   selayaknya dimaknai   sebagai  upaya  untuk  melakukan  refleksi terhadap  ap yang sudah   dicapai,   apa yang  belum tercapai,   serta apa yang ingin dituju  oleh SMK Mikael Solo.

Oleh karena itu,   dengan Dies  Natal is ke-60  ini,  saya mengharapkan agar SMK Mikael Solo dapat terus tumbuh  menjadi  SMK yang berkualitas, mandiri,  dan mampu menjalankan peran sesuai dengan visinya : ”Menjadi pusat pendidikan kejuruan unggul untuk membentuk pribadi yang kompeten, berhati nurani, peduli dan berkomitmen”.

Dalam   Dies   Natalis    tahun   ini,    SMK Mikael  mengangkat   tema  “Bakti Mikael untuk Vokasi“Menurut  saya tema tersebut relevan karena menyadari fakta  bahwa SMK Mikael  diakui sebagai pionir, peletak dasar pendidikan vokasi Indonesia.

Berbicara   mengenai Pendidikan vokasi kita,  harus  memulainya dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).  SD unggul merupakan kunci, yang akan memajukan pendidikan vokasi dalam memenangkan  persaingan global. Menurut saya SDM    unggul  adalah  SDM   yang    sehat,   cerdas, memiliki     produktivitas      tinggi,    produktif     dalam menghasilkan sesuatu yang manfaat  dan  maslahat, memiliki semangat untuk   berkompetisi,  cinta  tanah air,  dan berakhlak mulia,   ber-akhlakul karimah. Dan ini sangat sesuai dengan Visi SMK Mikael Solo.

Pengembangan  SDM   unggul juga  harus dimulai  dari lingkungan pendidikan,    termasuk kampus SMK Mikael Solo   ini.   Dalam   mengembangkan SDM   unggul, SMK Mikael Solo    sebagai  sekolah vokasi dituntut   untuk  berperan  aktif  bukan hanya sebagai agen pendidikan,    tetapi   juga agen  penelitian    dan pengembangan,    serta   agen   transfer  budaya   dan teknologi. 

Salah     satu   kriteria    SDM      unggul   adalah   tingkat produktivitas.   Sayangnya, ketika  kita berbicara produktivitas,    khususnya   produktivitas   tenaga kerja, kita  bukayang terbaik  di ASEAN.   

Berdasarkan  data Asian Productivity Organization (APO) yang diterbitkan dalam   APO  Productivity    Databook     2020, Posrsi produktivitas  per  pekerja  Indonesia   masih tertinggal jauh dibandingka dengan Singapura  dan Malaysia. Kita bahkan berada di bawah rata-rata  tingkat produkvitas tenaga kerja 6 negara ASEAN  terbesar.

Produktivitas   per pekerja Indonesia   berkisar 23.900 US Dollar,   hanya seperlima dari Singapura yang berada di peringkat  pertama  dengan produktivitas  per pekerja sebesar 149.100 US  Dollar.  Kita juga masih terpaut jauh dari Malaysia dengan produktivitas per pekerja sebesar 55.400  US Dollar    atau   lebih   dari   dua  kali   lipat Indonesia.

Dari data di atas,  upaya untuk meningkatkan kapasitas SDM  agar dapat berkompetisi secara global masih harus terus    dipacu.     Dan   lembaga  pendidikan,   termasuk kampus SMK Mikael Solo turut memikul tanggungjawab yang besar dalam upaya tersebut.

Pendidikan vokasi  merupakan salah satu   fokus kerja Pemerintah    dalam   mewujudkan  visi  pembangunan Indonesia  2045.  Pendidikan vokasi harus  dijadikan sebagai   prioritas    pembangunan  nasional.

Peringatan    Dies    Natalis    ini merupakan   momentum   yang bai bagi   civitas   akademika   SMK Mikael Solo untuk         melakukan    refleksi    diri   sekaligus   menjawab tantangan         dalam   mencapai   visi   sebagai   SMK Pusat Keunggulan di bidang manufacture dan rekayasa. Usia 60 tahun merupakan usia matang, SMK Mikael diharapkan    dapat    melakukan     terobosan-terobosan untuk  menjadi   sebuah  SMK   yang berprestasi, baik dari  segi kualitas  dan kapasitas  pengajar,    kualitas program  studi,  pengembangan  riset  dan inovasi,    serta pengabdian  pada masyarakat.

Terkait   dengan  hal    tersebut,    kami  mendorong    kerja sama SMK Mikael Solo dengan pemerintah,    dan dunia  industri,    membuka prodi baru yang lebih relevan, sehingga dapat  menghasilkan   lulusan yang tangguh,     relevan    dengan   kebutuhan    zaman, kreatif    dan  inovatif,     dan   siap   menjadi    pemimpin dengan semangat  kebangsaan.

Tidak lupa saya berpesan kepada SMK Mikael Solo untuk membekali        pendidikan       karakter        bagi peserta didiknya,     sehingga   tetap mempunyai  identitias   lokal  dan cinta  tanah air,   serta mampu menempatkan kepentingan  masyarakasebagai yang utama tanpa memandang suku, agama maupun golongan.

Akhirnya sekali lagi saya mengucapkan  selamat ber  Dies  Natalis    yang  ke-60  dan Lustrum   yang  ke-12, Semoga   SMK Mikael Solo      menjadi      SMK Pusat Keunggulan yang benar-benar unggul dalam melahirkan    SDM     unggul    dengan berkepribadian   Indonesia.     Semoga  Allah   SWT senantiasa  me-ridhoi   setiap ikhtiar  yang  kita  lakukan. Sekian dan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi  Wabarakatuh

Semarang, 8 Juli 2022

 

Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd.

Ketua Umum Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia-Ikatan Guru Voikasi Indonesia Maju  (PPVI-IGVIM)



Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search