-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Program Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ)

- April 25, 2023
advertise here
advertise here

 


Program Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ)

Oleh : Edy Siswanto

Seperti dilansir laman uji kompetensi kemendikbudristek, Program Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) adalah program yang digunakan untuk melakukan pengukuran dan penilaian terhadap penguasaan kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka menduduki jenjang jabatan setingkat lebih tinggi.

Seperti apa sesungguhnya pelaksanaan UKKJ Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah itu? 

"UKKJ Jabatan Fungsional (JF) Guru dan Pengawas Sekolah adalah proses pengukuran dan penilaian kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural dari seorang Jabatan Fungsional Guru atau Pengawas Sekolah untuk menentukan kelayakan yang bersangkutan naik ke jenjang satu tingkat lebih tinggi di atasnya". 

Adapun tujuan Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) yaitu :

Pertama, mengukur dan menilai kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural yang dimiliki oleh JF Guru dan Pengawas Sekolah yang akan naik ke jenjang satu tingkat lebih tinggi

Kedua, menentukan kelayakan JF Guru dan Pengawas Sekolah untuk naik ke jenjang satu tingkat lebih tinggi.

Ketiga, untuk pengembangan karier pemangku JF Guru dan Pengawas Sekolah dalam melaksanakan tugas dan fungsi jabatan yang berpusat pada peserta didik.

"Seperti apa pelaksanaan Asesmen UKKJ Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah Jenjang Ahli Madya ke Ahli Utama? ada tiga skema :"

Pertama, dengan Tes Penilaian Situasi (TPS) (60%), Peserta akan dihadapkan dengan soal cerita berisi situasi sehari-hari sebagai guru/pengawas, dan diminta untuk memberikan respon paling efektif berdasarkan pilihan jawaban yang tersedia 

Kedua, dengan Coaching (20%), Peserta akan bermain peran bersama satu orang aktor dan diobservasi oleh dua orang asesor dalam ruang pertemuan virtual/daring berdasarkan satu kasus/situasi yang disampaikan oleh asesor.

Ketiga, dengan Interview (20%), Peserta akan diberikan pertanyaan oleh dua orang asesor yang akan menggali pengalaman dan perilaku peserta selama bertugas menjadi guru dan Pengawas di sekolah.

Mari gaes kita nantikan bersama seperti apa teknis pelaksanaannya ya..



Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search