-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. Wisudawan Cumlaude IPK 4,00 Program Doktor Manajemen Kependidikan UNNES

- February 11, 2024
advertise here
advertise here

 


Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. Wisudawan Cumlaude IPK 4,00

Program Doktor Manajemen Kependidikan UNNES

 

Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. menjadi wisudawan cumlaude IPK 4,00 masa studi 3,2 tahun pada Program Doktor Manajemen Kependidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (SPS UNNES). Penyerahan Ijazah dan Penghargaan wisudawan cumlaude diberikan oleh Direktur SPS UNNES, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. Selasa, 6 Pebruari 2024. Pada acara wisuda ke-119, Tahun akademik 2023/2024 yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Prof. Wuryanto, Kampus UNNES, Sekaran-Gunung Pati, Semarang.

Sebelumnya Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. sukses mengikuti sidang terbuka promosi Doktor Manajemen Kependidikan SPS UNNES, Tanggal 14 November 2023. Dengan topik riset kajian TEFA, menghasilkan model manajemen MTF-5P Berorientasi Kecakapan Kewirausahaan (Kerisku) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan mengambil subjek penelitian di enam SMK yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbudristek RI), menjadi piloting Project penerapan TEFA.

Sebuah capaian luar biasa bagi seorang guru SMK. Kabarnya tercatat sebagai guru SMK pertama, dan satu-satunya yang bergelar Doktor Manajemen Kependidikan Vokasional di Cabdin XIII, bahkan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.



Prestasi lain Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. selama studi tiga tahun adalah menghasilkan 5 buku, 15 buku antologi dan 18 artikel karya ilmiah jurnal baik nasional maupun internasional, lima diantaranya terindeks scopus. Beliau juga mendapatkan hibah penelitian selama studi dari SPS UNNES dan Hibah Penelitian Disertasi Doktor (PDD) dari Kemendikbudristek RI di tahun 2022. Selain Disertasinya tersebut Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. juga menyumbangkan tiga karya ilmiah internasional terindeks scopus pada seminar internasional AIP Proceeding UNNES dan ICEEBS UNNES tahun 2021.  Yang dimuat di jurnal terindeks scopus Q2 dengan judul : The role of psychological security climate, leadership, and self-efficacy on teachers capability through knowledge management.The Role of Transformational Leadership, Work Environment, Motivation on Job Satisfaction and Teachers Performance of Vocational Schools”. Dan satu artikel yang akan terindesk scopus berjudul : The Effect of The Application of The Learning Model 6 STEP Teaching Factory (TF-6M) and Achieevments Learning Entrepreneurship on Interest Entrepreneurs For Vocational Students.

“Orang boleh berilmu setinggi langit, namun akan hilang dalam peradaban jika tidak menulis”. “Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Demikaian ucapan dari seorang sastrawan besar Pramoedya Anantya Tour. Sebuah pepatah yang selalu diingat dan memotivasi Dr. Edy Siswanto, S.Pd.,M.Pd. Dari sinilah selama menjalani studi, Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd., sangat produktif menulis buku, artikel ilmiah dan publikasi ke jurnal internasional bereputasi.

Selain menulis buku dan artikel ilmiah, sebagai guru di SMK Negeri 4 Kendal, Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd., juga seorang aktivis dengan segudang kegiatan. Diantaranya sebagai Ketua Umum Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia-Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PPVI-IGVIM). Sebagai ketua MGMP Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Kabupaten Kendal. Selain sebagai Narasumber Berbagi Praktik Baik Kemendikbudristek RI (2023). Calon Guru Penggerak Angkatan 9 tahun 2023-2024, dan calon Praktisi Mengajar batch 4 tahun 2024 di UNS, UNNES, dan UNISVET.



Pemegang 6 (enam) Hak Kekayaan Intelektual (HKI) diantaranya HKI Buku “Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan”, Buku “Pengembangan Kebijakan Pendidikan dalam Tinjauan Polkumeksosbud”, Buku “Supervisi Pendidikan, Menjadi Supervisor yang Ideal”, Artikel : “Ketuntasan Belajar Melalui Adopsi Inovasi, Pembelajaran Pilot Project Dalam Meningkatkan Ketrampilan Berwirausaha”. Buku : “Model Pembelajaran”. Dan Buku : “Manajemen Resiko di Era Digital”.

Biodata singkat Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. selain Praktisi Pendidikan, dan ketua dari berbagai organisasi guru, dan Guru Vokasi PNS SMK Negeri 4 Kendal, mengajar di SMK Teknik Kendaraan Ringan Otomotif sudah 25 tahun (sejak kuliah S1 semester 3). Selain pakar bidang Manajemen Kependidikan dan Pendidikan Teknologi Kejuruan (Vokasional), menggeluti masalah Kebijakan dan Politik Pendidikan, Filsafat Pendidikan, Media Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Information Technology (IT) dan Pendidikan Vokasional Teknik Otomotif.

Lulus terbaik Sarjana S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Ivet Semarang (UNISVET), tahun 2000. Lulus Cumlaude Program Magister, S2 Manajemen Pendidikan Sekolah Pascasarjana UNNES, tahun 2009. Dan lulus Cumlaude Program Doktor, S3 Manajemen Kependidikan Sekolah Pascasarjana UNNES, tahun 2023, dengan IPK 4,00. Lulus Sekolah Penelitian SPI Beeru Institute tahun 2022, Mendapatkan Hibah Penelitian Disertasi dari Sekolah Pascasarjana Unnes tahun 2022 dan Hibah Program Disertasi Doktor (PDD) dari Kemendikbudristek RI, tahun 2022.



Mengikuti banyak seminar, workshop, magang industri dan berbagai pelatihan di antaranya : Diklat Data Science oleh Kemenkominfo. Diklat Sistem Rem, Tune Up Konvensional, Tune Up EFI, Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Injeksi, di BBPPMPV Boe Malang. Training Refreshment Diesel Engine, di Mitsubishi Cikarang. Magang Industri Perawatan dan Perbaikan Kendaraan Ringan (Servis Berkala) di Auto 2000 Soekarno-Hatta Bandung dan BBPPMPV BMTI Bandung.

 



Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search