-->


Sekilas "The Siswanto Institute" "The Siswanto Institute" ini sebagai tempat kajian, curah rasa dan pemikiran, wahana urun rembug dan berbagi praktik baik. Memuat isue strategis aktual dan faktual, baik lingkup nasional, regional, maupun global. Berhubungan dengan dunia Pendidikan, Politik, Agama, Sains dan Teknologi, Pembelajaran, Bisnis-Kewirausahaan, Opini, Merdeka Belajar dan pernak-perniknya. Pembahasan dan informasi terutama dalam Pendidikan Vokasi-SMK dan contain lainnya. Selamat berbagi dan menikmati sajian kami. Menerima masukan, kritik, sumbangsih tulisan artikel dan pemikiran, semoga bermanfaat.

Lebih Dekat dengan Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. Wisudawan Cumlaude IPK 4,0 Program Doktor Manajemen Kependidikan UNNES.

- February 11, 2024
advertise here
advertise here

 


Lebih Dekat dengan Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. Wisudawan Cumlaude

IPK 4,0 Program Doktor Manajemen Kependidikan UNNES.

  Edy Siswanto, wisudawan cumlaude Program Doktor Manajemen Kependidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES), berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan menyelesaikan program Doktor Manajemen Kependidikan dalam waktu tiga tahun dua bulan, dengan IPK sempurna 4,0. Wisuda dilaksanakan pada hari Jumat, 6 Pebruari 2024, di Auditorium Prof. Wuryanto, Kampus Sekaran Gunungpati Semarang.

Salah satu pencapaian luar biasa yang dihasilkan oleh Edy Siswanto adalah publikasi sebanyak 18 artikel pada jurnal internasional bereputasi, dan 18 buku selama kuliah Doktoral. Edy Siswanto tidak hanya menjadi wisudawan cumlaude dengan indeks prestasi tertinggi 4,0 dalam program Doktor Manajemen Kependidikan, namun juga saat kuliah mendapatkan hibah disertasi dari sekolah pascasarjana UNNES dan hibah Penelitian Didertasi Doktor (PDD) dari Kemendikbudristek RI. Sebuah pencapaian luar biasa yang tak bisa semua orang bisa melakukannya.

Dalam perjuangannya menyelesaikan pendidikan doktor dan menghasilkan puluhan publikasi, Edy Siswanto memberikan tips berharga kepada rekan-rekannya. Ia menegaskan agar mahasiswa tidak pernah takut untuk mencoba dan tetap semangat menghadapi kegagalan. Pesannya adalah terus mencoba hingga mencapai kesuksesan, terus pendekatan kepada dosen pembimbing jalin komunikasi jangan sampai terputus termasuk dengan teman seangkatan, lintas Angkatan .



Karya ilmiah Edy Siswanto bukan hanya sebagai rekam jejak kompetensinya, tetapi juga sebagai kontribusi berharga dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Publikasinya tidak hanya menjadi portofolio untuk kapasistasnya sebagai sorang peneliti. Namun juga menjadi landasan bagi pengembangan karir di masa depan.

Dengan semangat, kerja keras, komitmen, disiplin, doa, dan dukungan berbagai pihak, Edy Siswanto membuktikan bahwa perjuangan tanpa pantang menyerah dapat menghasilkan prestasi luar biasa dalam dunia ilmiah.

Adapun biodata Singkat Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. adalah Doktor Bidang Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES). Praktisi Pendidikan, Ketua Umum Perkumpulan Pendidik Vokasi-Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju dan Guru Vokasi PNS SMK Negeri 4 Kendal, mengajar di SMK Teknik Kendaraan Ringan Otomotif sudah 25 tahun. Selain pakar bidang Manajemen Kependidikan dan Pendidikan Teknologi Kejuruan (Vokasional), menggeluti masalah Kebijakan dan Politik Pendidikan, Filsafat Pendidikan, Media Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Information Technology (IT) dan Pendidikan Vokasional Teknik Otomotif.

Lulus terbaik Sarjana S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Ivet Semarang (UNISVET), tahun 2000. Lulus Cumlaude Program Magister, S2 Manajemen Pendidikan Sekolah Pascasarjana UNNES, tahun 2009. Dan lulus Summa Cumlaude Program Doktor, S3 Manajemen Kependidikan Sekolah Pascasarjana UNNES, tahun 2023, dengan IPK 4,00. Lulus Sekolah Penelitian SPI Beeru Institute tahun 2022, Mendapatkan Hibah Penelitian Disertasi dari Sekolah Pascasarjana Unnes tahun 2022 dan Hibah Program Disertasi Doktor (PDD) dari Kemendikbudristek RI, tahun 2022. Selain sebagai Narasumber Berbagi Praktik Baik Kemendikbudristek RI (2023), juga sebagai Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9 tahun 2023-2024.

Karya ilmiah dan publikasi banyak dimuat dibeberapa media masa, seperti Jawa Pos Radar Semarang, Kompasiana, Gurusiana, dan di www.edysiswanto.com. Selama tiga tahun terakhir telah menulis 5 (lima) Buku dan 15 buku antologi, 18 Karya Tulis Ilmiah Populer baik nasional maupun internasional. 4 (Empat) artikel diantaranya bereputasi internasional terindeks Scopus.

Mengikuti banyak seminar, workshop, magang industri dan berbagai pelatihan di antaranya : Diklat Data Science oleh Kemenkominfo. Diklat Sistem Rem, Tune Up Konvensional, Tune Up EFI, Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Injeksi, di BBPPMPV Boe Malang. Training Refreshment Diesel Engine, di Mitsubishi Cikarang. Magang Industri Perawatan dan Perbaikan Kendaraan Ringan (Servis Berkala) di Auto 2000 Soekarno-Hatta Bandung dan BBPPMPV BMTI Bandung.



Pemegang 6 (enam) Hak Kekayaan Intelektual (HKI) diantaranya HKI Buku “Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan”, Buku “Pengembangan Kebijakan Pendidikan dalam Tinjauan Polkumeksosbud”, Buku “Supervisi Pendidikan, Menjadi Supervisor yang Ideal”, Artikel : Ketuntasan Belajar Melalui Adopsi Inovasi, Pembelajaran Pilot Project Dalam Meningkatkan Ketrampilan Berwirausaha, Buku “Model Pembelajaran”. Dan Buku : “Manajemen Resiko Era Digital”.


Baca Juga di :


Advertisement advertise here

Promo Buku

Promo Buku
Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan

Supervisi Pendidikan

Pengembangan Kebijakan Pendidikan

Logo TSI

Logo TSI
Logo The Siswanto Institue
 

Start typing and press Enter to search